La PUISIFY The Form of Application-Based Poetry Learning Media SAC.2.0 on Android

  • Dewi Kusumaningsih Universitas Veteran Bangun Nusantara, Indonesia
  • Bety Ayu Windi Ariyanto Universitas Veteran Bangun Nusantara, Indonesia
  • Haryanti Budi Utami Universitas Veteran Bangun Nusantara, Indonesia
  • Krisna Adi Ismaya Universitas Veteran Bangun Nusantara, Indonesia
Keywords: android, learning instrument, poetry instrument, smart application creator 2.0.

Abstract

The study highlights the development of poetry learning instrument using  Smart Application Creator (SAC) 2.0 program for Android. The study belongs to a Research and Development (RnD). The initial exploration included the observation of the Indonesian Language learning instrument utilized by a number of secondary schools which are the former education institutions of the students of Indonesian Language and Literature Department (PBSI) of University of Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo. The result of observation became the underlying framework for the development of poetry learning instrument through the SAC 2.0 program for Android. The design of the learning instrument development refered to the four-D model development that consists of four stages, including define, design, develop, and disseminate. The development model was firstly developed by Thiagarajan, dkk. The findings revealed that Android-based learning instrument had yet been massively utilized for secondary schools. Most of the teachers still rely on the PowerPoint presentation which is displayed through the projector. The development of the learning instrument that refers to the 4D stages has successfully provided an innovative Android-based poetry learning instrument. The instrument has also been disseminated publicly. The new learning instrument is easy in its installation and application through Android devices.

 

Keywords: android, learning instrument, poetry instrument, smart application creator 2.0.

 

Abstrak

 

Penelitian ini mengangkat pengembangan media pembelajaran puisi dengan menggunakan program Smart Aplication Creator 2.0 berbasis andoid. Bentuk penelitian adalah Research and Development (RnD). Eksplorasi awal dengan pengamatan penggunaan media pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA-SMA alumni para mahasiswa Progdi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) FKIP Universitas Veteran Bantara. Hasil pengamatan dipakai sebagai dasar pengembangan media pembelajaran bahasa Indonesia khususnya puisi dengan aplikasi SAC 2.0 di android. Model pengembangan dalam merancang dan membuat media pembelajaran puisi berbasis android ini  menggunakan model pengembangan four-D models yang terdiri dari 4 tahap yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan) dan Dessiminate (penyebaran). Model pengembangan ini dikembangkan oleh Thiagarajan, dkk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis andriod di SMA belum digunakan. Guru masih menggunakan media pembelajaran power point serta proyektor saja. Proses pengembangan model media pembelajaran dilakukan sesuai 4 langkah D berhasil membuat inovasi media pembelajaran puisi berbasis adroid yang sudah diseminasikan pada publik. Model media pembelajaran ini mudah diinstal dan diaplikasikan di telepon genggam berbasis android.

 

Kata kunci: andriod,  media pembelajaran, media puisi, smart aplication creator 2.0.

References

Anggraini, W. R., Sumantri, D. A., Purnomo, S. I., & Anggraini, P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Majas Berbasis Teknologi. Deiksis : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(1), 1. https://doi.org/10.33603/deiksis.v6i1.1322
Ansoriyah, S., & Rahmat, A. (2018). Peningkatan Kemampuan Menulis Populer Mahasiswa Melalui Pendekatan Whole Language Dengan Pembuatan Media Story Board. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), 29–46. https://doi.org/10.21009/aksis.020103
Ardianto, D. T. (2017). Media Video dalam Pembelajaran Hybrid / Blended Learning. In Media Video dalam Pembelajaran. Surakarta: UNS Press.
Irnin Agustina Dwi Astuti, dkk. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Dengan Menggunakan Aplikasi Appypie di Smk Bina Mandiri Depok. Volume 24 No. 2, http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpkm/article/view/10525
Kusumaningsih. Dewi, D. (2018). Tantangan Pengajaran Kultur Kebangsaan melalui Karya Sastra terhadap Siswa Generasi Digital. Proseding SENASBASA (Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra. Edisi 3 Tahun 2018, 84–90. Retrieved from http://researchreport.umm.ac.id/index.php/SENASBASA
Kusumaningsih, D., Santosa, R., & Subroto, H. D. E. (2018). Vulgar and Obscene Terms in Indonesian Song Lyrics. 166(Prasasti), 60–65.
Layin Fauziyah, J. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Yang Menunjang Pendidikan Karakter Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Prima Edukasia, 2(2), 149–163. https://doi.org/10.1016/j.matlet.2003.12.021
Lastari,A (2017). Pandangan Dunia Pengarang Dalam Kumpulan Puisi Blues Untuk Bonnie Karya Rendra (Kajian Strukturalisme Genetik). Aksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 1(1). 63-79. doi: doi.org/10.21009/AKSIS.010104

Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949
Nugraha Ardi Setyawan, & Ahmad Syaifudin. (2017). Pengembangan Media Keterampilan Membaca Puisi Berbasis Android Bagi Peserta Didik Gaya Belajar Auditoris Pada Jenjang Sma. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi
Purwanto, A. (n.d.). Multimedia Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Mahasiswa Berbasis Animasi. Jurnal Sistem Dan Informatika, 11(1), 6–7.
Purwanto, A. (2016). Multimedia Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Mahasiswa Berbasis Animasi. Jurnal Sistem Dan Informatika, 4(1), 51–58.
Rochmad. (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Jurnal Kreano, 3.
Safei. (2007). Penggunaan Media Grafis dalam Proses Pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Vol 10, No 1.
https://doaj.org/article/007f404bff5845bea72de769c653eef3

Suhertuti, S. (2017). Persepsi Guru Bahasa Indonesia terhadap Materi Sastra pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Kurikulum 2013. Aksis, 1, 170–188. Retrieved from http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/aksis/article/view/5295/3942
Suhita, S. (2017). Persepsi Guru Bahasa Indonesia terhadap Puisi Lama Gurindam. 1, 152–169. https://doi.org/doi.org/10.21009/AKSIS.010201
Taoziri, A. (2013). Penggunaan Teknik Akrostik Dalammeningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Bebas Pada Siswa Kelas Viii C Smp Pasundan 4 Bandung Tahun Ajaran 2012/2013. Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, FPBS UPI, 1–13. https://doi.org/file:///C:/Users/Dewi%20Kusuma/Downloads/413-743-1-SM%20(1).pdf
Thiagarajan, & Sivasailam. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional. Bloomington, Indiana USA: National Center for Improvement of Educational Systems.
Veri, J., & Prasetia, E. (2017). Perancangan Dan Pembuatan Aplikasi Media Pembelajaran Perakitan Komputer Berbasis Android. Pendidikan Dan Teknologi Informasi, 4(2), 219–229.
Warsiman. (2011). Pengembangan Model Induktif dalam Pembelajaran Apresiasi Puisi. Bahasa dan Seni: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Pengajarannya.
https://doaj.org/article/3ee2e7b1d88b4d239d5ecbe962e75931

Yendra, Satria, W., Rahmat, W., Kemal, E., Kusumaningsih, D., Sudiyana, B., … Saddhono, K. (2018). Introduction blended learning designs on introduction to linguistics at West Indonesian. International Journal of Engineering and Technology(UAE), 7(3.4 Special Issue 4).
Published
2019-12-31