The Effect of Visualization Strategies on Writing Explanatory Texts Skill on VIIIth Grade Students of SMP Muhammadiyah 3 Jakarta

  • Hadi Nugroho Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Endry Boeriswati Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Reni Nur Eriyani Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
Keywords: visualization strategy, writing explanatory text skill

Abstract

This study aims to see the effect of visualization strategies on writing explanatory text skill on VIIIth grade students of SMP Muhammadiyah 3 Jakarta. The method used in this study was an experimental method with a control group pre-post test design. T-test and Fisher's test were used as data analysis techniques in this study. The results of the t-test on the post-test score between the experimental and the control class indicated that the t-test score was 6.99> 2.06 t-table with dk 24. Significant level = 0.05. Because tcount> ttable means H1 is accepted. The results of this study indicated that the application of visualization strategies had an effect on the ability to write explanatory text for VIII grade students of SMP Muhammadiyah 3 Jakarta. The results of the general assessment showed that the organizational structure and reviews had the most dominant increase. From the results above, the visualization strategy can be used as a good strategy in learning to write explanatory text. Besides, as well as can be implied for explanatory text learning material with KD 3.10 “Examining explanatory text in the form of exposure to natural phenomena that are heard or read” and KD 4.10. “Presenting information and data in the form of an explanatory text of the process of an oral and written phenomenon by paying attention to the structure, language elements, or oral aspects”.

 

Keywords: visualization strategy, writing explanatory text skill

 

 

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi visualisasi terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen dengan desain penelitian prates dan postes grup kontrol. Uji-t dan uji fisher digunakan sebagai teknik analisis data dalam penelitian ini. Hasil uji-t pada skor postes antara kelas eksperimen dan kelas kontrol menujukan bahwa skor thitung 6,99> ttabel 2,06dengan dk 24. Taraf signifikan  = 0,05. Karena thitung > ttabel berarti H1 diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa menerapkan strategi visualisasi berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Jakarta. Hasil penilaian menunjukkan bahwa aspek struktur identifikasi umum dan ulasan mengalami kenaikan yang paling dominan. Dari hasil tersebut, strategi visualisasi dapat dijadikan strategi yang baik dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi serta dapat juga diimplikasikan untuk materi pembelajaran teks eksplanasi dengan KD 3.10 “Menelaah teks eksplanasi berupa paparan kejadian suatu fenomena alam yang diperdengarkan atau dibaca” serta KD 4.10 “Menyajikan informasi dan data dalam bentuk teks eksplanasi proses terjadinya suatu fenomena secara lisan dan tulis dengan memerhatikan struktur, unsur kebahasaan, atau aspek lisan”.

 

Kata kunci: strategi visualisasi, kemampuan menulis teks eksplanasi

References

As’adah, S. N., Sutama, I. M., & Nurjaya, I. G. (2016). Pembelajaran Menulis Teks Prosedur Berdasarkan Hasil Wawancara di Kelas VIIIA1 SMP Negeri Singaraja. E-Journal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Universitas Pendidikan Ganesha, 5(3), 1-12.

Aulia, G. A., & Umar, A. (2019). Hubungan Pemahaman Struktur Dan Ciri Kebahasaan Dengan Kemampuan Menulis Teks Anekdot Siswa Kelas X Sma Negeri 4 Medan. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 73–77.

Harvey, S., & Goudvis, A. (2007). Strategies That Work: Teaching Comprehension for Understanding and Engagement. Stenhouse Publishers.

Jamal, s. (2018). Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Berdasarkan Pengamatan Langsung Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Sungguminasa Kabupaten Gowa. Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 1–12.

Knapp, P., & Watkins, M. (2005). Genre, Text, Grammar: Technologies for Teaching, Assessing, and Writing. UNSW Press.

Kosasih, E. (2016). Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK. Yrama Widya.

Nurgiyantoro, B. (2009). Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. BPFE.

Parks, S. (2016). Writing Communities: A Text With Readings. Bedford Books.

Ramadhanti, D. (2015). Penggunaan Kalimat Efektif dalam Karya Ilmiah Siswa: Aplikasi Semantik Studi Kasus Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Lembah Gumanti. JURNAL GRAMATIKA: Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 167–173.

Saddhono, K. (2014). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia. Graha Ilmu.

Scholes, R., Comley, N. R., & Ulmer, G. L. (2001). Text Book: Writing Through Literature. Bedford Books.

Surya, E. (2012). Visual Thinking, Mathematical Problem Solving and Self-Regulated Learning with Contextual Teaching and Learning Approach. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 5(1), 41–50.

Tantri, N. N. (2018). Pentingnya Keterampilan Berbahasa untuk Meningkatkan Soft Skill Umat Hindu. Jurnal Satya Widya, 1(1), 26–36.

Tarigan, H. G. (2007). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa.

Zulkarnaini. (2014). Peningkatan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa PGSD Semester I Melalui Drill Method. JUPENDAS: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 1–9.

Published
2021-06-30