Developing of The Text Book Fictional Prase Mind Mapping-Based of STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh

  • Nidde Puspita STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh, Jambi, Indonesia
  • Suci Maiza STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh, Kota Sungai Penuh, Jambi, Indonesia
Keywords: mind mapping, fictional prose, valid, practicality, effective

Abstract

The purpose of this research is to describe the development textbook of “Fictional Prose Mind Mapping-Based” that is valid, practical, and effective in achieving the learning goal of students of Education of Indonesian Language Department, STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh. The type of the research is Research and Development/R&D with 4-D research model that starts with defining step, designing, and developing. This research uses quantitative approach. The data type of this research is quantitative data that consist of three types of data which are data validated by expert, data from practitioner’s assessments, and effectiveness data in form of learning results and student’s activities. Research result shows that mind mapping-based textbook that is being developed is valid in terms of the feasibility of the language, content, presentation, and graph with a score of 79,6 which falls into valid criteria; it is practical in terms of ease of use with practicality score 83,1 by the student’s which falls into very valid criteria; it is effective in terms of student’s learning results with average classicalof 79 which is qualified as Good (B) and the activities of students got a score of 85,8 with classification active. Thus, this textbook has been feasible to use in supporting learning process of Fictional Prose Course in Education of Indonesian Language and Literature Department, STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh.

 

Keywords: mind mapping, fictional prose, valid, practicality, effective

 

 

 

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan buku ajar “Telaah dan Apresiasi Prosa Fiksi” dengan pendekatan mind mapping yang valid, praktis, dan efektif. Pengembangan buku ajar disusun untuk mencapai tujuan pembelajaran pada Matakuliah Telaah dan Apresiasi Prosa Fiksi, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia di STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau R&D yang bertujuan mengembangkan buku “Telaah dan Apresiasi Prosa Fiksi” yang valid, praktis, dan efektif. Model pengembangan yang digunakan adalah 4D yang diawali dengan tahap definisi, tahap desain, tahap pengembangan. Penelitian ini adalah kuantitatif dengan tiga jenis data yaitu data validasi ahli, data kepraktisan buku ajar dari mahasiswa, dan data efektivitas yang dari hasil belajar dan aktivitas mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku ajar “Telaah dan Apresiasi Prosa Fiksi” layak digunakan dengan perincian sebagai berikut. Aspek bahasa, penyajian, isi, dan kegrafikan dengan skor total 79,6 (valid). Aspek kepraktisan diperoleh dari angket yang diisi mahasiswa dengan skor total 83,1 (sangat valid). Aspek efektivitas diukur dari rata-rata hasil belajar mahasiswa yaitu sebesar 79%, dengan kualifikasi Baik (B) dan dari tingkat keaktifan mahasiswa dalam pembelajaran yaitu 85,8% dengan klasifikasi sangat berhasil. Dari nilai yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa buku ajar dapat digunakan untuk mendukung pembelajaran Telaah dan Apresiasi Prosa Fiksi di Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh.

 

Kata Kunci: peta pikiran, telaah prosa, valid, praktis, efektif

References

Amaliah, S. R. (2018). Kefektifan Penggunaan Mind Mapping dalam Kemampuan Menyimak Cerpen Siswa Kelas XI SMA Aisyiyah Sungguminasa Gowa. Universitas Negeri Makassar.

Atmazaki. (2005). Kiat-Kiat Mengarang dan Menyunting. Citra Budaya.

Bachman, E. (2005). Metode Belajar Berpikir Kritis dan Inovatif. Prestasi Pustakarya.

Buzan, T. (2012). Buku Pintar Mind Map. Gramedia Pustaka Utama.

DePorter, B., & Hernacki, M. (2002). Quantum Learning. Kaifa.

Dryden, G., & Vos, J. (2003). Revolusi Cara Belajar. Kaifa.

Emzir. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif dan Kualitatif. Raja Grafindo Persada.

Emzir, E., & Rohman, S. (2015). Teori dan Pengajaran Sastra. Rajawali Press.

Haliq, A., Asri, A., & Fitri, S. (2017). Kemampuan menulis puisi mahasiswa Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia dengan menggunakan metode mind mapping pada kelas C Pendidikan Bahasa Indonesia. Research and Community Scince Institute.

Istiyati, S., & Poerwanti, J. I. S. (2015). Penggunaan mind mapping untuk meningkatkan keterampilaan menulis puisi di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 35–45.

Pradopo, R. D. (2011). Estetika Sastra dan Budaya. Pustaka Pelajar.

Puspita, N. (2019). Pengembangan modul menulis cerpen berbantuan peta pikiran untuk pembelajaran menulis cerpen kelas X SMA. Encyclopedia of Journal, 3(1), 215–225.

Sumaatmadja, N. (2002). Metodologi Pengajaran Pengajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). UPI Press.

Tarigan, H. G. (2005). Membaca Sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa.

Windura, S. (2013). 1st Mind Map untuk Siswa, Guru, & Orang Tua. Gramedia Pustaka Utama.

Yuberti. (2014). Teori Pembelajaran Pengembangan Bahan Ajar dalam Pendidikan. Aura Press.

Published
2021-12-24