Indonesian Writing Error on the Placate in Medan City: An Analysis

  • Alfrija Irza Sahara Uiversitas Negeri Medan, Indonesia
  • Yohana Hartati Sianipar Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Hotmaida Siregar Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Fitriani Lubis Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Emasta Evayanti Simanjuntak Universitas Negeri Medan, Indonesia
Keywords: standard language, nonstandard language

Abstract

The study aims to understand about standard and non-standard language in writing ethics properly and correctly. This research used descriptive methods. The research approach is qualitative research. Through this research, researchers will obtain data on Indonesian writing errors on a plaque. The results found in the form of standard and non-standard language sentences. Every word or sentence contained in a plaque, of course, errors can be found in the writing. This relates to standard and non-standard language. Standard language is a language whose writing is formal, there are no abbreviated words and the writing is in accordance with the linguistic structure. Meanwhile, non-standard language is an informal language whose writing is like but still ethical. Many people do not know the right writing when writing something. So that the results of research conducted by researchers can describe various Indonesian writing errors on a plaque.

Keywords: standard language, nonstandard language

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memahami penulisan bahasa yang baku dan non baku dalam etika penulisan secara baik dan benar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Pendekatan penelitian adalah penelitian kualitatif. Melalui penelitian ini maka peneliti akan memperoleh data kesalahan penulisan Bahasa Indonesia pada sebuah plakat. Hasil yang ditemukan berupa kalimat bahasa baku dan non baku. Setiap kata atau kalimat yang terdapat pada sebuah plakat, tentu dapat dijumpai kesalahan di dalam penulisannya. Hal tersebut berhubungan dengan bahasa baku dan non baku. Bahasa baku adalah bahasa yang tulisannya formal tidak ada kata yang disingkat dan penulisannya sesuai dengan struktur kebahasaan. Sedangkan bahasa non baku bahasa yang nonformal yang penulisannya mana suka tetapi tetap beretika. Banayak orang yang tidak tahu akan kepenulisan yang tepat ketika menulis sesuatu. Sehingga hasil penelitian yang dilakukan peneliti dapat mendeskripsikan berbagai kesalahan penulisan bahasa Indonesia pada sebuah plakat.

Kata kunci: bahasa baku, bahasa nonbaku

References

Afridayani, Chayani Yenni, dkk. (2020). Komunikasi Bisnis. Business and Communication, (1), 18–22.

Alwi, H. at. al. (1991). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Bakhrudin All Habsy. (2017). Seni Memehami Penelitian Kuliatatif Dalam Bimbingan Dan Konseling : Studi Literatur. Jurkam: Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2), 90–100. Retrieved from https://www.neliti.com/publications/177169/seni-memehami-penelitian-kuliatatif-dalam-bimbingan-dan-konseling-studi-literatu

Gusnayetti. (2020). Analisis Kesalahan Ejaan pada Makalah Mahasiswa Studi Kasus Prodi Ilmu Pemerintahan dan Prodi Ilmu Administrasi Negara STISIP Imam Bonjol Padang. Jurnal.Ensiklopediaku.Org Ensiklopedia of Journal, 2(4), 133–140.

Jamilah, J. (2017). Penggunaan Bahasa Baku dalam Karya Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(2), 41–52. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v6i2.1603

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Kamus Besar Bahasa Indonesia (Kelima). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Marzali, A.-. (2017). Menulis Kajian Literatur. ETNOSIA : Jurnal Etnografi Indonesia, 1(2), 27. https://doi.org/10.31947/etnosia.v1i2.1613

Moeliono, M. A. (2017). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pedoman Bahasa Indonesia, T. P. (2016). Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sari, D. R., Fadhilah, M. A., & Nucifera, P. (2019). Analisis Kesalahan Penggunaan Ejaan Bahasa Indonesia ( Ebi ) Pada Kolom Opini Surat Kabar Serambi. Jurnal Samudra Bahasa, 21, 25–31. Retrieved from https://ejurnalunsam.id/index.php/JSB/article/download/1619/1203/

Sebayang, S. K. H. & Sofyan, A. S. (2019). Analisis Kesalahan Berbahasa pada Sosial Media Instagram dalam Postingan, Komentar, dan Cerita Singkat. Jurnal Serunai Bahasa Indonesia, Vol.16, No.

Tamara. (2020). Analisis Kesalahan Penggunaan Ejaan dan Tanda Baca pada Media Sosial Resmi. Jurnal Parafrasa: Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, Vol. 2 No.

Published
2021-12-27