KETERLAMBATAN BERBAHASA ANAK USIA LIMA TAHUN PADA TATARAN FONETIK KAJIAN LINGUISTIK

  • Heni Suci Arti UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Keywords: keterlambatan berbahasa anak, fonetik, psikolinguistik

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena keterlambatan berbahasa adalah suatu penyebab terhambatnya seseorang terutama anak-anak dalam memperoleh bahasa untuk perkembangannya dalam berbicara. Keterlambatan berbahasa pada seorang anak dapat mempengaruhi proses anak dalam berkomunikasi dengan sekitar. Penelitian ini hadir untuk mengetahui penyebab dari gejala yang dialami oleh responden. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif dengan teknik rekam dan simak. Penelitian ini dilakukan terhadap Andika Agustiana, anak laki-laki yang berumur lima tahun yang mengalami keterlambatan berbahasa. Pada penelitian ini, Andika menganalisis fonem-fonem yang diucapkan oleh Andika dengan kurang jelas dan juga gejala yang dialaminya. Terlambatnya seorang anak dalam berbahasa, disebabkan oleh banyak faktor. Faktor tersebut dapat disebabkan karena faktor fisiologis anak, keluarga dan sosial. Begitupun faktor yang dialami oleh Andika dipengaruhi oleh ketiga faktor tersebut, yakni dipengaruhi oleh faktor fisik, keluarga dan sosial. Dalam hal ini, keterlambatan yang dialami oleh Andika dapat diatasi, karena hal tersebut tidak berasal dari faktor keturunan, melainkan kebiasaan. Gejala yang dialami Andika dapat diatasi dengan cara terapi atau pembelajaran dengan latihan yang rutin.

Published
2021-08-05