ANALISIS PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS INFORMATION, COMMUNICATION, AND TECHNOLOGY

  • Fadilla Oktaviana Universitas Banten Jaya
  • Emzir Emzir Universitas Negeri Jakata
  • Yumna Rasyid Universitas Negeri Jakata
Keywords: peran guru, pembelajaran, berbasis ict

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru dalam proses pembelajaran, khususnya pada pembelajaran Bahasa Inggris berbasi ICT (Information, Communication, And Technology). Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Data dari penelitian ini berupa informasi yang didapat melalui peristiwa, informan, dan dokumentasi dengan menggunakan analisis data etnografi yaitu teknik analisis data mencakup empat tahapan yaitu analisis domain, analisis taksonomi, analisis komponen, dan analisis tema budaya. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu secara umum, peran guru dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris berbasis ICT meliputi perannya sebagai fasilitator, motivator, creator/programmer, pembimbing, evaluator, partner belajar dan teladan bagi siswa. Sedangkan peran khusus dan utama yang harus dimiliki dalam pembelajaran berbasis ICT adalah guru berperan sebagai creator atau programmer. Dalam hal ini, guru dituntut untuk memiliki kemampuan atau keterampilan dalam membuat media dan bahan ajar berbasis ICT.

Published
2021-08-04