KESETARAAN GENDER PADA CERPEN-CERPEN DALAMBUKU PELAJARAN BAHASA INDONESIA: ANALISIS ISI

  • Ade Husnul Mawadah
Keywords: kesetaraan, gender, cerpen, buku pelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan memperoleh pemahaman yang mendalam tentang kesetaraan gender dalam cerpen-cerpen di buku pelajaran Bahasa Indonesia SMA.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menerapkan desain penelitian analisis isi.Secara keseluruhan prosedur pengumpulan data dalam proses penelitian ini adalah mengumpulkan literatur buku-buku pelajaran Bahasa Indonesia SMA yang digunakan di SMA Negeri Kota Serang pada tahun ajaran 2011/2012, menentukan sampel penelitian, yaitu cerpen-cerpen yang berisi aspek gender, membacanya secara berulang-ulang, menganalisis unsur-unsur intrinsiknya, mengidentifikasi pesan-pesan simbolik sehingga menghasilkan kutipan-kutipan (kata, frasa, dan kalimat) yang menggambarkan pandangan, citra, dan peran tokoh laki-laki dan perempuan, kemudian menganalisis dan menunjukkan nilai-nilai kesetaraan gender.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwacerpen-cerpen tersebut mengandung nilai-nilai kesetaraan gender. Relasi tokoh laki-laki dan perempuan dalam kehidupan keseharian, menunjukkan ketersalingan, yaitu saling memahami, saling menghargai, dan bersinergi satu sama lain. Pendidikan gender melalui cerpen diharapkan dapat membentuk siswa berkarakter positif, seperti saling memahami, menghargai, dan bersinergi. Dengan demikian, laki-laki dan perempuan dapat kehidupan bermasyarakat dapat saling melengkapi, tanpa merendahkan jenis kelamin tertentu.

 

Published
2017-08-22
How to Cite
Mawadah, A. H. (2017). KESETARAAN GENDER PADA CERPEN-CERPEN DALAMBUKU PELAJARAN BAHASA INDONESIA: ANALISIS ISI. Bahtera: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 15(2), 59 - 70. https://doi.org/10.21009/BAHTERA.152.06