STRATEGI KESANTUNAN BERBAHASA PRANCIS DALAM KETIDAKSETUJUAN PESERTA DISKUSI POLITIK DI SITUS YAHOO.FR

  • Zulherman Zulherman

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami secara mendalam strategi kesantunan berbahasa Prancis dalam ketidaksetujuan pada diskusi politik di situs yahoo.fr. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif. Data penelitian adalah komentar tidak setuju yang santun yang bersumber dari diskusi politik di situs yahoo.fr yang terbit dari bulan Maret sampai dengan April 2013. Data diunduh dari situs yahoo.fr yang dinalisis dengan metode analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis strategi kesantunan berbahasa Prancis dalam ketidaksetujuan pada diskusi politik di situs yahoo.fr direalisasikan dalam 11 jenis dari kemungkinan 25 jenis strategi kesantunan berbahasa Brown dan Levinson. Ini disebabkan karena ruang lingkup penelitian yang kecil, yaitu strategi kesantunan berbahasa dalam ketidaksetujuan dan bukan ragam bahasa lisan, sedangkan acuan strategi kesantunan yang digunakan tidak terfokus pada strategi kesantunan dalam ketidaksetujuan saja, tapi juga santun dalam kesetujuan. Kemudian, acuan strategi itu berlaku untuk ragam bahasa lisan.

The objetive of this research was to understand comprehensively the French politenessstrategies of the disagreement of the participants in the political discussiononthe website ofyahoo.fr. It was a qualitative research with a content analysis method conducted in Jakarta in 2013. The data analysis and interpretation indicates that the Frenchpolitenessstrategies of the disagreement of the participants wererealized in11strategies based on the 25 strategies of politeness of Brown and Levinson. It was caused by the domain of the research was too small. The using of the politeness strategies of Brown and Levinson was not only for the disagreement, but used for all situation of the communication.  And then, the research area was on the politeness of  writing but the area of the politeness strategies of Brown and Levinson was speaking.

Published
2016-07-30
How to Cite
Zulherman, Z. (2016). STRATEGI KESANTUNAN BERBAHASA PRANCIS DALAM KETIDAKSETUJUAN PESERTA DISKUSI POLITIK DI SITUS YAHOO.FR. Bahtera: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 15(2), 83 - 93. https://doi.org/10.21009/BAHTERA.152.08