GANGGUAN KEJIWAAN TOKOH-TOKOH DALAM NOVEL DADAISME KARYA DEWI SARTIKA

  • Yulia Sri Hartati
Keywords: psychiatric disorders, character, novel Dadaism

Abstract

Abstrak
Manusia memiliki raga dan jiwa. Kedua hal tersebut menggerakkan manusia untuk melakukan aktivitasnya dengan baik. Akan tetapi, dalam kehidupan masyarakat terkadang ditemui pribadi yang mengalami gangguan kejiwaan. Fenomena ini menjadi objek yang dapat dijadikan karya oleh seorang pengarang. Salah satu novel yang menceritakan gangguan kejiwaan adalah novel Dadaisme karya Dewi Sartika. Rumusan masalah dalam artikel ini adalah bagaimanakah gangguan kejiwaan tokoh-tokoh dalam Novel Dadaisme karya Dewi Sartika. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk menguraikan gangguan kejiwaan tokoh-tokoh dalam Novel Dadaisme karya Dewi Sartika. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis data, gangguan kejiwaan yang dialami tokoh dalam novel Dadaisme berupa Obsesif kompulsif, psikopat, dan skizofrenia.
Kata kunci : gangguan kejiwaan, tokoh, novel Dadaisme
Abstract
Human beings have a body and soul. Secondly it is activities move men to do well. However, in social life sometimes found personal experience psychiatric disorders. This phenomenon has become an object that can be used by an author's work. One novel that tells a psychiatric disorder is a novel work of Dewi Sartika Dadaism. The problems in this article is how a psychiatric disorder figures in the novel Dada Dewi Sartika work. The purpose of this study to elaborate on psychiatric disorders characters in the novel Dada Dewi Sartika work. The research method used is a qualitative descriptive study. Based on data analysis, psychiatric disorders experienced by characters in the novel form of Obsessive Compulsive Dadaism, psychopaths, and schizophrenia.
Keyword: psychiatric disorders, character, novel Dadaism

Author Biography

Yulia Sri Hartati

STKIP PGRI Sumatera Barat

Published
2017-02-13
How to Cite
Sri Hartati, Y. (2017). GANGGUAN KEJIWAAN TOKOH-TOKOH DALAM NOVEL DADAISME KARYA DEWI SARTIKA. Bahtera: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 16(1), 16-27. https://doi.org/10.21009/BAHTERA.161.002