HUBUNGAN SIKAP DAN GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPTIF BAHASA INGGRIS

  • Honayapto Honayapto Universitas Negeri Jakarta
  • Herlina Herlina Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Competence of writing English, Students’ attitude, Students’ learning style

Abstract

Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat ada atau tidak adanya hubungan antara sikap siswa, gaya belajar siswa, dan atau sikap dan gaya belajar siswa terhadap kemampuan menulis deskriptif bahasa Inggris. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Atas, kelas 2 SMAN. 2 Kambowa, Sulawesi Tenggara dengan menggunakan sampel acak pada 30 siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional dengan teknik deskriptif dan analisis statistik inferensial untuk melihat korelasi di antara tiap variabel. Hasil penelitian menunjukkan (1) ada korelasi yang positif antara sikap siswa terhadap kemampuan menulis bahasa Inggris dengan koefisien korelasi 0,95. (2) ada korelasi yang positif antara gaya belajar siswa terhadap kemampuan menulis bahasa Inggris dengan koefisien korelasi 0,86, dan (3) ada korelasi yang positif antara sikap siswa dan gaya belajar siswa terhadap kemampuan menulis bahasa Inggris dengan koefisien korelasi ganda 0,95. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat korelasi yang positif antara sikap siswa dan gaya belajar siswa terhadap kemampuan menulis bahasa Inggris baik sendiri maupun bersama-sama.
Kata kunci: Sikap siswa, Gaya belajar siswa, dan Kemampuan menulis bahasa Inggris

Abstract
The objective of this research was to determine whether there are any relationship between students’ attitude, students’ learning style, and both students’ attitude and students’ learning style toward the competence of writing English. The research was conducted at Senior High School, class 2, at SMAN. 2 Kambowa, Southeast Sulawesi, and used random sampling with 30 students. The research used correlational quantitative method with descriptive and inferential analysis technique to see correlation between variables. The research results were (1) There is a positive correlation between students' attitude toward the competence of writing English with correlation coefficient 0,95. (2) There is a positive correlation between students' learning style toward the competence of writing English with correlation coefficient 0,86, and (3) There is a positive correlation between students’ attitude and learning style toward the competence of writing English with a double correlation coefficient 0.95. The result of the research concludes that there is a positive correlation between students’ attitude and learning style either individually or together to the the competence of writing English.
Keywords: Students’ attitude, Students’ learning style, and Competence of writing English.

Author Biographies

Honayapto Honayapto, Universitas Negeri Jakarta

Universitas Negeri Jakarta, Program Pascasarjana S2

Herlina Herlina, Universitas Negeri Jakarta

Universitas Negeri Jakarta, Program Pascasarjana

Published
2017-07-02
How to Cite
Honayapto, H., & Herlina, H. (2017, July 2). HUBUNGAN SIKAP DAN GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPTIF BAHASA INGGRIS. BAHTERA : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 16(2), 124-138. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/BAHTERA.162.08