MODEL TOLERANSI PADA PEMBELAJARAN SAINS KELAS VIII SEMESTER II DI SMP PESANTREN PRAMUKA ALHIRA PADANG PANJANG

  • Elsa Rahmayani Sari Jurusan Pendidikan (Tadris) Biologi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Batusangkar, Jl. Sudirman No. 137, Kubu Rajo, Lima Kaum, Batusangkar, 27213, Sumatera Barat, Indonesia. Tel.(0752)71150. Fax. (0752)71879
  • M. Haviz Jurusan Pendidikan (Tadris) Biologi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Batusangkar
  • Afwadi Afwadi Jurusan Sosiologi Agama Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Batusangkar

Abstract

 


ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui materi apa saja yang memiliki nilainilai toleransi, mendeskripsikan proses penanaman nilai-nilai toleransi dan faktor pendukung, penghambat penanaman nilai-nilai toleransi pada pembelajaran sains kelas VIII semester II di SMP Pesantren Pramuka Alhira Padang Panjang. Hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa semua materi sains memiliki potensi konflik dan memiliki nilai-nilai toleransi. Materi yang memiliki tingkat kerawanan tinggi untuk terjadi konflik adalah materi sistem peredaran darah manusia karena berhubungan dengan manusia dan kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan pribadi siswa. Penanaman nilai-nilai toleransi dilakukan dengan menciptakan iklim toleran pada setiap pembelajaran sains serta memelihara sikap saling pengertian, saling menghargai dan saling menghormati. Beberapa faktor pendukung dan penghambat penanaman nilainilai toleransi tersebut adalah, faktor pendukung diantaranya: Kebijakan peraturan pemerintah, kemampuan guru dalam internalisasi nilai toleransi, dan kegiatan-kegiatan pendukung dari pihak sekolah yang berperan penting dalam proses penanaman nilai toleransi seperti kegiatan keagamaan, kegiatan kepramukaan dan kegiatan sosial. Adapaun faktor penghambat diantaranya: Tingkat kemampuan, kematangan emosional siswa yang tidak sama, kurangnya fasilitas pada ruangan laboratorium pada saat praktikum yang dapat menunjang penanaman nilai-nilai toleransi. Jadi dapat disimpulkan penelitian ini telah dapat mengungkap model toleransi pada pembelajaran sains kelas VIII semester II di SMP Pesantren Pramuka Alhira.


Kata kunci: toleransi, pembelajaran sains, kelas VIII.

Published
2017-03-31
How to Cite
RAHMAYANI SARI, Elsa; HAVIZ, M.; AFWADI, Afwadi. MODEL TOLERANSI PADA PEMBELAJARAN SAINS KELAS VIII SEMESTER II DI SMP PESANTREN PRAMUKA ALHIRA PADANG PANJANG. BIOSFER : JURNAL PENDIDIKAN BIOLOGI, [S.l.], v. 10, n. 1, p. 22-33, mar. 2017. Available at: <http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/biosfer/article/view/2230>. Date accessed: 20 sep. 2017.
Citation Formats