Strategi Public Relations Advokasi Perpustakaan PerpuSeru

  • Yenny Feridha Universitas Paramadina
Keywords: Strategi, Public Relations, Advocacy

Abstract

Program Perpustakaan Seru adalah sebuah program pengembangan Perpustakaan Umum di Indonesia menjadi pusat belajar dan berkegiatan masyarakat berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi media relations yang dijalankan oleh pihak perpustakaan terkait dengan Program PerpuSeru dalam mengembangkan perpustakaan sebagai pusat belajar masyarakat berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang berkelanjutan. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian yaitu sumber data primer dengan melakukan wawancara pada direktur program PerpuSeru dan staff manager komunikasi.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini wawancara mendalam. Analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif deskriptif. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa aktivitas public relations PerpuSeru ditujukan bagi publik internal dan eksternal. Terdapat tiga strategi public relations PerpuSeru. Pertama, mengelola relasi yang dilakukan oleh tim media di dalam pelaksanaan menjalin hubungan dengan wartawan. Kedua, mengembangkan materi public relations untuk media massa dan divisi public relations untuk mengikuti workshop, seminar, pelatihan mengenai dunia public relations dan jurnalistik. Ketiga yaitu mengembangkan jaringan yaitu dengan wartawan-wartawan media massa.

References

Ameen, K. (2015). Use of Public Relations and Publicity (PRP) by the public libraries

in Lahore, Pakistan. New Library World, 116(7/8) , 455-466.

Auger, G. A. (2013). Fostering democracy through social media: Evaluating

diametrically opposed nonprofit advocacy organizations’ use of Facebook,

Twitter, and YouTube. Public Relations Review, 39(4) , 369-376.

Basuki, S. (2003). pengantar ilmu perpustakaan. Jakarta: universitas terbuka.

Burns, E. A. (2014). Practitioner strategies for effective advocacy engagement in the USA .

Das, A. K. (2010). Library Advocacy in India in the Light of Education for Sustainable

Development–Perspectives of an Emerging Economy. World Library And Information Congress: 76th IFLA General Conference and Assembly (pp. 1-21). Gothenburg, Swedia: International Federation of Library Associations and Institutions.

Griadhi, M. H. (2007). Pentingnya Keberadaan Public Relations pada

Penyelenggaraan Layanan Perpustakaan Perguruan Tinggi. Buletin

Perpustakaan Universitas Airlangga, 2(1) , 20-23.

Gunawan, A. (2017). Promosi dan Public Relation di Perpustakaan. Jurnal Pari, 2(2) ,

-136.

Hafizah, E. (2015). Strategi Public Relations dalam Membangun Hubungan Dengan

Media. Al-Hikmah, 8(2) .

Ikpe, E. H., & Olise, F. P. (2010). The Era of New Media Technologies and the

Challenges of Media Relations Practice in Nigeria. Journal Communication, 1(2)

, 59-68.

Ilmi, A. R., & Husna, J. (2019). Strategi Pengembangan Perpustakaan Desa Oleh Dinas

Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Demak Dengan Mitra Kerja

Perpuseru (Studi Kasus: Perpustakaan Desa Kenanga, Perpustakaan Desa

Melati dan Perpustakaan Desa Nusa Indah. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(3), , 131-

Iriantara, Y. (2008). Media Relations: Konsep, Pendekatan, danPraktik(cet.2). Bandung:

Simbiosa Rekatama Media.

Israel, O. (2012). Public relations activities in an academic library: the roles of the

reference librarian. International Journal of Library Science, 1(2) , 38-42.

Jefkins, F. (1995). Public Relations. Jakarta: Erlangga.

Marshall, N. J. (2001). Public relations in academic libraries: a descriptive analysis. The

Journal of Academic Librarianship, 27(2) , 116-121.

Mayesti, N. (2001). Advokasi perpustakaan di era informasi. AL-MAKTABAH, 3(1) ,

-32.

Miles, B. M., & Huberman, M. (1992). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang

Metode-metode Baru. Jakarta: UIP.

Moleong, L. J. (2010). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pang, A. (2010). Mediating the media: a journalist‐centric media relations model.

Corporate Communications: An International Journal, 15(2) , 192–204.

doi:10.1108/13563281011037955.

Pramudyana, B. O., Mandalia, S. A., & Putra, A. (2015). Strategi Media Relations

Pusdatin Kementerian Kelautan Dan Perikanan Dalam Menjalin Hubungan

Dengan Media. eProceedings of Management, 2(2 .

Sribu.com. (n.d.). Perpuseru untuk hidup lebih baik. Retrieved 2019, from

https://cdn.sribu.com/assets/media/contest_attachment/2755eea4c423d0ae

b8a3a6f068b414d/253f8d10cc.pdf

Sugiyono. (2007). Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia.

Supa, D. W. (2014). The academic inquiry of media relations as both a tactical and

strategic function of public relations. Research Journal of the Institute for Public

Relations, 1(1) , 1-15.

Supa, D., & Zoch, L. (2009). Maximizing Media Relations Through a Better

Understanding of the Public Relations-Journalist Relationship. Public Relations

Journal Vol. 3, No. 4 .

Tanoko, G. C., Vidyarini, T. N., & Rusdianto, M. (2018). Strategi Media Relations Level

Mall Dalam Menghadapi Publisitas Negatif. Jurnal e-Komunikasi, 6(2) .

Tunardjo, M. (2018). Pengembangan perpustakaan kabupaten/kota dan

perpustakaan desa/kelurahan berbasis program perpustakaan seru

(PerpuSeru) di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Jurnal Flobamora, 2(01) , 9-19.

Vovk Škerl, P. (2015). Media Relations as a Strategic Instrument in Slovenian

Companies. Journal of Accounting and Management, (2) , 89-98.

Waters, R. D., Tindall, N. T., & Morton, T. S. (2010). Media catching and the journalist–

public relations practitioner relationship: How social media are changing the

practice of media relations. Journal of Public Relations Research, 22(3) , 241-264.

Yulianita, N. (2001). Dasar-dasar Public Relations. Bandung: Lab-Multimedia Fikom

Unisb.

Yulianti. (2008). Public Relations Perpustakaan. Mengapa Tidak. Bandung: Perpustakaan

Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran.

Zulfah, M. A. (2018). Revitalisasi Perpustakaan Desa. Dinamika, 3(2), 43-

.

Published
2020-07-31
How to Cite
Feridha, Y. (2020). Strategi Public Relations Advokasi Perpustakaan PerpuSeru . Communications, 2(2), 40 - 60. https://doi.org/10.21009/Communications.2.2.3