PENANAMAN NILAI-NILAI DALAM PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (Studi Kasus Pembelajaran IPS di SMP 73 Jakarta Selatan)

  • Sujarwo Sujarwo

Abstract

PENANAMAN NILAI-NILAI DALAM PENDEKATAN SAINTIFIK 

PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

(Studi Kasus Pembelajaran IPS di SMP 73 Jakarta Selatan)                                                                                              

Oleh: Sujarwo

Abstrack

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pengetahuan dan pemahaman tentang nilai-nilai yang terkandung dalam pendekatan saintifik pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi atau pengamatan, dokumentasi, kajian pustaka, catatan lapangan. Teknik Analisis Data dalam penelitian ini menggunakan cara pengumpulan data, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai-nilai yang terdapat dalam pembelajaran IPS dengan pendekatan saintifik antara lain yaitu nilai religius, nilai filsafat, nilai edukatif, nilai teoritis dan juga nilai sosial, nilai-nilai tersebut terdapat dalam pembelajaran dengan pendekatan saintifik dengan langkah-langkah mengamati, menanya, mengumpulkan data, mengasosiasi, menalar, dan mengkomunikasikan. Adapun model pembelajaran yang digunakan yaitu discovery-inquiry based learning, problem based learning, dan project based learning.

Kata Kunci : Pendekatan Saintifik,  Nilai-nilai, IPS

Published
2017-08-10
How to Cite
Sujarwo, S. (2017). PENANAMAN NILAI-NILAI DALAM PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (Studi Kasus Pembelajaran IPS di SMP 73 Jakarta Selatan). Edukasi IPS, 1(1), 12-20. https://doi.org/10.21009/EIPS.01102
Section
Articles