HUBUNGAN ANTARA KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DAN MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA DI SMP NEGERI 74 JAKARTA

  • Dian Alifia Purwandari
  • Hanifah Riani

Abstract

HUBUNGAN ANTARA KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DAN MINAT  BELAJAR  DENGAN  PRESTASI BELAJAR IPS SSISWA DI SMP NEGERI 74 JAKARTA


Oleh: Dian Alifia dan Hanifah Riani


Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pengetahuan berdasarkan bukti data empiris  atau  fakta  yang  sesungguhnya  (valid),  benar  dan  dapat  dipercaya  (reliabel) tentang adanya hubungan komunikasi interpersonal guru dengan prestasi belajar IPS, hubungan minat belajar dengan prestasi belajar IPS, hubungan komunikasi interpersonal guru dan minat belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS.  Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain analisis korelasional. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah secara acak sederhana dengan adanya proporsional tingkatan.


Berdasarkan   analisis   data   dapat   disimpulkan   bahwa:   1)   Hasil   pengujian Signifikan antara Komunikasi Interpersonal Guru dengan Prestasi Belajar IPS ditunjukan pada koefisien korelasi Pearson product moment sebesar 0,754 sedangkan thitung sebesar 5,74>   ttabel    (1,67).   Adapun regresi   bersifat   linier   dengan   model   persamaan   Y= 0,569+0,206X1. 2)  Hasil pengujian hipotesis  kedua diperoleh  kesimpulan bahwa ada hubungan yang signifikan antara minat belajar dengan prestasi belajar IPS ditunjukan pada koefisien korelasi sebesar 0,668 sedangkan thitung sebesar 3,23 > ttabel (1,67). Adapun regresi bersifat linier dengan model persamaan Y =0,654+0,120X2. 3)secara bersama- sama ada hubungan yang signifikan antara variabel komunikasi interpersonal guru (X1) dan minat belajar (X2) dengan prestasi belajar IPS (Y) dengan koefisien korelasi sebesar 0,791. Hasil pengujian hipotesis ketiga diperoleh kesimpulan bahwa 0,362. Hubungan regresi ganda bersifat linier dengan model persamaan Y =0,654+0,151X1  + 0,056 X2. Kontribusi determinasi dari masing-masing bvariabel bebas terhadap variabel terikat adalah: Variabel komunikasi interpersonal guru sebesar 56,7%. Variabel minat belajar sebesar  44,6%.  Kontribusi  determinasi  kedua  variabel  bebas  secara  bersama-sama terhadap variabel terikat adalah 62,5 %. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa prestasi belajar IPS disebabkan oleh dua faktor secara bersamaan yaitu komunikasi interpersonal guru  dan  minat belajar sebesar  62,5%  dan sisanya  37,5%  faktor-faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.


 


Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal, Minat Belajar, Prestasi Belajar IPS

Published
2017-08-10
How to Cite
PURWANDARI, Dian Alifia; RIANI, Hanifah. HUBUNGAN ANTARA KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DAN MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA DI SMP NEGERI 74 JAKARTA. Edukasi IPS, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 21-30, aug. 2017. Available at: <http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/eips/article/view/3205>. Date accessed: 22 sep. 2017.
Citation Formats