IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK KURIKULUM 2013 (Studi Kasus Guru IPS di SMP Labschool Jakarta)

  • Desy Safitri
  • Maria Oktaviana
Keywords: Kurikulum 2013, Penilaian Autentik

Abstract

IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK KURIKULUM 2013

(Studi Kasus Guru IPS di SMP Labschool Jakarta)

Oleh: Maria Oktavia dan Maria Oktavia

Abstrack

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran yang menyeluruh mengenai implementasi penilaian autentik Kurikulum 2013. Penelitian ini dilakukan di SMP Labschool Jakarta di Jl. Pemuda Komplek UNJ, Rawamangun, Jakarta. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, pengamatan, dan analisis dokumen. Sumber data  yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, pengamatan, dan analisis dokumen yang berasal dari informan kunci dan informan inti. Informan kunci yaitu Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah bidang kurikulum, sedangkan informan inti yaitu guru-guru IPS kelas tujuh dan delapan yang menerapkan kurikulum 2013. Hasil penelitian ini adalah bahwa guru-guru IPS di SMP Labschool Jakarta dalam mengimplementasikan penilaian autentik kurikulum 2013 menghadapi permasalahan. Permasalahan yang dihadapi tersebut dari proses penilaian yang berdasarkan tiga ranah yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Selain itu juga dari jumlah siswa yang banyak, form penilaian, waktu pengambilan nilai, serta penilaian yang detail dan banyak diamati. Untuk mengimplementasikan penilaian autentik  kurikulum  2013  yang  perlu  diperbaiki  bukan  dari  sistem  penilaian autentik kurikulum 2013 seperti yang diharapkan oleh guru-guru, melainkan perbaikan dari pemerintah dalam sosialisasi implementasi kurikulum 2013, serta meluruskan pola pikir dan paradigma guru dalam implementasi kurikulum 2013.

Kata Kunci : Kurikulum 2013, Penilaian Autentik, Kurikulum 2013

Published
2017-08-10
How to Cite
Safitri, D., & Oktaviana, M. (2017). IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK KURIKULUM 2013 (Studi Kasus Guru IPS di SMP Labschool Jakarta). Edukasi IPS, 1(1), 31-40. https://doi.org/10.21009/EIPS.01104
Section
Articles