PENDIDIKAN KARAKTER ANAK (Studi Kasus di Rumah Singgah Sanggar Anak Akar, Jakarta Timur)

  • Martini -
  • Nisrina Haniah

Abstract

PENDIDIKAN KARAKTER ANAK


(Studi Kasus di Rumah Singgah Sanggar Anak Akar, Jakarta Timur)                                                                                                                  


Oleh: Martini dan Nisrina Haniah


 Abstrack


Penelitian  ini  bertujuan  untuk:  (1)  Mengkaji  pelaksanaan  pendidikan karakter di Sanggar Anak Akar, (2) Mengkaji upaya yang dilakukan pengurus untuk menanamkan nilai-nilai karakter di Sanggar Anak Akar, (3) Mendeskripsikan faktor penghambat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian ini dibagi menjadi dua, yaitu (1) Pelaksanaan pendidikan karakter anak jalanan, meliputi rancangan dan metode kegiatan, (2) Upaya pengurus dalam menanamkan nilai-nilai karakter, meliputi jujur, disiplin, mandiri, kerja keras, dan tanggung jawab.


Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Subjek penelitian ini, yaitu empat orang pengurus Sanggar Anak Akar dan tiga Anak Akar. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian   data,   dan   penarikan   kesimpulan.   Pengujian   data   menggunakan ketekunan pengamatan, triangulasi, dan kecukupan referensial.


Hasil penelitian ini menunjukan: (1) Pelaksanaan pendidikan karakter anak jalanan di Sanggar Anak Akar bersifat long live education. Pendidikan karakter dilakukan melalui serangkaian proses pembinaan dan bimbingan dalam menanamkan  nilai  karakter  di  Sanggar  Anak  Akar  melalui  perencanaan  dan metode berbasis kegiatan. (2) Upaya penanaman nilai karakter di Sanggar Anak Akar melalui sikap dan keseharian. (3) Faktor penghambat dalam pelaksanaan pendidikan karakter di Sanggar Anak Akar dibagi menjadi dua, yaitu: hambatan dari  rumah  singgah,  seperti  sistem  yang  belum  mendukung  dan  terbatasnya sumber daya manusia (SDM), sedangkan hambatan dari Anak Akar, seperti Anak Akar sedang masa puberitas, sifat dan latar belakang yang berbeda satu sama lain, terdapat Anak Akar yang tidak mengikuti serangkaian kegiatan, dan kurangnya kesadaran anak.


Kata Kunci: pendidikan karakter, nilai karakter, rumah singgah

Published
2017-08-10
How to Cite
-, Martini; HANIAH, Nisrina. PENDIDIKAN KARAKTER ANAK (Studi Kasus di Rumah Singgah Sanggar Anak Akar, Jakarta Timur). Edukasi IPS, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 41-52, aug. 2017. Available at: <http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/eips/article/view/3209>. Date accessed: 22 sep. 2017.
Citation Formats