POLA PENDIDIKAN ANAK KURANG MAMPU (Studi Kasus Pendidikan Nonformal di Yayasan Cahaya Anak Negeri Bekasi Utara)

  • Muhammad Muchtar
  • Dimas Aprilian
Keywords: Pola Pendidikan Anak, Otoriter, Permisif, Demokratis

Abstract

POLA PENDIDIKAN ANAK KURANG MAMPU

(Studi Kasus Pendidikan Nonformal di Yayasan Cahaya Anak Negeri

Bekasi Utara)

Oleh: Muhammad Muchtar dan Dimas Aprilian

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola pendidikan anak yang digunakan di Yayasan Anak Negeri untuk mendidik anak-anak yang memiliki latar belakang ekonomi menengah kebawah dan bagaimana hasil dari pola pendidikan di Yayasan Cahaya Anak Negeri.

Penulis menggunakan metode kualitatif agar mendapatkan sebuah data yang lebih mendalam dengan menggali kepada informan penelitian. Sumber data yang diperoleh  adalah dengan menggunakan hasil wawancara, observasi, dan studi pustaka.  Sumber data yang dalam penelitian ini berasal dari informan kunci ialah ketua yayasan dan guru, sedangkan informan inti ialah anak binaan, orangtua anak binaan, dan ketua RT 02.

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pola pendidikan yang digunakan oleh Yayasan Cahaya Anak Negeri adalah pola pendidikan demokratis dimana semua kegiatan disana disesuaikan dengan minat anak-anak seperti peraturan, kegiatan belajar, dan kegiatan tambahan diluar kegiatan belajar.  Tetapi tetap dengan kontrol dan pengawasan dari yayasan apabila itu baik untuk anak-anak binaan, Yayasan Cahaya Anak Negeri selalu mendukung. Hasil dari pendidikan di Yayasan Cahaya Anak Negeri selain membuat anak-anak binaan menjadi lebih pintar, anak-anak binaan memiliki sikap dan perilaku yang baik. Hal ini karena anak-anak binaan diberikan penanaman nilai sosial dan nilai agama disetiap pelajaran membuat sikap dan perilaku anak-anak berubah menjadi lebih baik. Karena mereka selalu diberikan contoh sikap dan perilaku yang baik menurut nilai sosial dimasyarakat dan menurut nilai agama. Sehingga anak-anak binaan Yayasan Cahaya Anak Negeri dapat bersikap dan berperilaku baik didalam yayasan, dimasyarakat, dan juga didalam keluarga.

Kata Kunci: Pola Pendidikan Anak, Otoriter, Permisif, Demokratis.

Published
2017-08-10