Hermeneutika Hadis tentang “Hidupkan Saya Bersama Orang Miskin” (Analisis Kualitas dan Sharh Hadis)

Hermeneutika Hadis

  • Khairil Ikhsan Siregar PAI FIS UNJ
Keywords: hermeneutics, hadith, poor.

Abstract

Abstract

This article discusses the text of the hadith: "Hadith Turns Me With the Poor People" from the side of the hadiths and understands the hadith using the hermeneutic theory approach in the hadith. This research is research based on the library (library research). The approach used is descriptive qualitative which aims to describe or describe the existing or actual facts of the object under study. The results of this study indicate that the quality of the hadiths from the narrative path is dha'if (weak) based on the comments of hadith critics scholars in the books of al-jarh wa al-ta'dil and the hadith scholars conclusion that hadith dha'īf is not including false  it can be part of moralities. The real method of hermeneutics to explain hadith texts contributes to enriching the explanation of the explanation hadiths, or sharh hadiths, so the meaning of the hadith text is that the words of miskin( poverty), al-masakin(needy) mean humility, reverence, and humbleness. And the meaning of hadith has been strengthened by presenting other hadiths as witnesses or i'tibar(regard).

Keywords: hermeneutics, hadith, poor.

Abstrak

Artikel ini membahas teks hadits: “Hadits Hidupkan Saya Bersama Orang Miskin” dari sisi sanad/jalur periwayatan hadistnya dan memahami hadits dengan pendekatan teori hermeneutika dalam hadits. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif berdasarkan perpustakaan (library research). Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan atau menggambarkan kenyataan yang ada atau kenyataan aktual dari objek yang diteliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kulitas hadist dari jalur periwayatnya dha’if atau lemah berdasarkan komentar ulama kritikus hadits dalam kitab-kitab al-Jarh wa al-Ta’dil  dan simpulan ulama hadits  bahwa hadits dha’if  yang bukan  hadits palsu dapat dijadikan bagian dari fadha’il al-a’mal. Sesungguhnya metode hermeneutika untuk menjelaskan  teks-teks hdits memberi kontribusi memperkaya upaya penjelasan/ syarh  hadits/ teks hadits maka  makna teks hadits  bahwa  ucapan kemiskinan / miskinan , al-masakin  maknanya adalah kerendahan hati, ke_khusyu’-an dan tawadhu’. Dan makna hadits telah dikuatkan dengan menghadirkan hadits-hadits lain sebagai syaksi/i’tibar.

Kata Kunci:  hermeneutika, hadits, miskin

References

Al-Kashmiriy, Muhammad Anwar Shah Ibn Mu‘z}am Shah (2004). Al-‘Urfu Al-Shadhiy Sharh Sunan Al-Tirmidhiy, ditashih Al-Shaikh Mahmud Shakir, Beirut: Dar Ihya al-Turath.

Al-Laknawiy Al-Hindiy, Abu Hasanat Muhammad Abdul al-Hayyiy dan dita‘liq Abdul al-Fattah Abu Ghuddah.(1984), Al-Ajwibah Al-Fadilah Lil al-Asilah al-‘Ashrah al-Kamilah, Beirut: Maktab al-Mathbu>ah al-Islamiyyah.

Al-Miziy, Yusuf. (2010), Tahdhi al-Kamal fi Asma al-Rijal , Berut: Muassasah al-Risalah.

Abdul Baqi, Muhammad Fuad. (2008), Al-Mu‘jam Al-Mufahras li Alfaz Al-Hadis Al-Nabawiy, https://waqfeya.com/book.php?bid=1236

Abdul al-Muhdiy Abdul al-Qadir Abdul al-Hadiy (2012), Thuruq Takhrij al-Hadith, Mesir:Maktab al-Iman li al-Nashir wa al-Tauzi‘.

Darmawan, Dadang (2016), Analisa Kisah Yusuf dalam Alquran dengan Pendekatan

Hermeneutika Al-Bayan: Jurnal Studi Alquran dan Tafsir 1,1 (Juni): 8-16. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/Al-Bayan/article/view/870

Fahimah, Siti. (2019) Kritik Epistemologi Metode Hermeneutika: (Studi Kritis Terhadap Penggunaannya Dalam Penafsiran Al Quran). Vol. 2 No. 2 : Al Furqan: Jurnal Ilmu Al Quran dan Tafsir. https://ejournal.iai tabah.ac.id/index.php/Alfurqon/article/view/461

Fahimah, Siti (2017), Hermeneutika Hadis: Tinjauan Pemikiran Yusuf Al-Qordhowi dalam Memahami Hadis, REFLEKSI, Volume 16, Nomor 1, hlm. 83-104. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/refleksi/article/view/10177

Fakaubun , Ahmad Feby Febryan. Karakteristik Bahasa Arabfile:///C:/Users/USER/Downloads/Makalah_Karakteristik_Bahasa_Arab.pdf%20(3).pdf

Izza, Farah Nuril. (2014), Hermeneutika, Arah Baru Interpretasi Hadis

https://www.neliti.com/publications/147629/hermeneutika-arah-baru-interpretasi-hadis studi-analisis-pemikiran-yusuf-al-qard

Ibn Abi Al-‘Alfah, Ra>id bin Shabri. (2007) , Sharh Sunan Ibn Ma>jah, Yordan: Baitul-al-Afka>r al-Dauliy.

Mortono. (2019), Kajian Kritis Hermeneutika Friederich Scheiermacher Vs Paul Ricoeur, Jurnal Edukasi Khatulistiwa : Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpbsi/article/view/31713. file:///C:/Users/USER/Downloads/31713-75676600980-1-PB.pdf

Musahadi, (2009), Hermeneutika Hadis-hadis..., Cet. I, Semarang: Walisongo Press, hlm. 29. https://www.neliti.com/publications/147629/hermeneutika-arah-baru-interpretasi-hadis studi-analisis-pemikiran-yusuf-al-qardowiy.

Wachid, Abdul B.S. (2006.), Hermeneutika Sebagai Sistem Interpretasi, Imaji: Jurnal Seni dan Pendidikan Seni, Imaji, Vol.4, No.2, Agustus. 198 - 209 , https://journal.uny.ac.id/index.php/imaji/article/view/6712/5768

Published
2021-01-30
How to Cite
Siregar, K. I. (2021). Hermeneutika Hadis tentang “Hidupkan Saya Bersama Orang Miskin” (Analisis Kualitas dan Sharh Hadis). Hayula: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies, 5(1), 111-128. https://doi.org/10.21009/005.01.06