Implementasi Media Pembelajaran dalam Keterampilan Mengajar bagi Mahasiswa dalam Mata Kuliah Media dan Teknologi Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19

  • Rudi Muhamad Barnansyah Rudi Prodi PAI FIS UNJ

Abstract

Media pembelajaran menjadi salah satu hal yang dapat membantu proses kegiatan pembelajaran, akan tetapi media dapat juga menjadi sarana yang tidak menunjang kelancaran proses pembelajaran, media pembelajaran berbasis internet menjadi salah satu prasarana yang dapat digunakan terlebih dengan zaman saat ini yang segala sesuatu sangat mudah di akses terutama media berbasis internet yang pada saat ini telah banyak digunakan sebagai bahan atau media pembelajaran yang dapat menunjang keterampilan mengajar bagi guru ataupun  calon guru di masa pandemi covid-19 seperti saat ini di mana guru dituntut untuk sekreatif mungkin dalam penyediaan media yang akan di pergunakan dalam kegiatan pembelajaran, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dari implementasi media pembelajaran dalam keterampilan pembelajaran bagi mahasiswa yang sedang menempuh mata kuliah Media dan Teknologi Pembelajaran yang di mana mahasiswa apalagi calon guru harus bisa menyesuaikan perkembangan zaman dengan perkembangan teknologi. Metode penelitian yang di pergunakan adalah media kualitatif deskriptif, yang di mana metode ini untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan mahasiswa dalam pengimplementasian sebuah media pembelajaran terhadap keterampilan mengajar,  untuk Kehadiran peneliti dalam penelitian ini adalah sebagai observer yang merancang kegiatan pembelajaran atau tindakan yang dilakukan bersama-sama dengan tim. Adapun model penelitian ini adalah anggota tim penelitian ini yakni dosen Pendidikan Agama Islam. Penelitian dilaksanakan di Universitas Negeri Jakarta selama perkuliahan semester genap tahun ajaran 2020/2021 pada bulan Maret sampai Juli 2021. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa pada program studi PAI. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi kebermanfaatan media pembelajaran di masa pandemik covid-19 dalam keterampilan mengajar

References

Arsyad, Media Pembelajaran, Jakarta: Grafindo Persada, 2002.

Astuti, D. 2., & Novita, D. (2019). Blended learning terhadap kemampuan komunikasi matematis Prosiding Sendika: Vol 5, No 1, 2019 191. (p. 191). Purwokerto: Muhamadiyah Purwokerto.

Azhar Arsyad, Media Pembelajaran, Jakarta: Rajawali Pers, 2013.

Covid-19, S. (2021). Data Sebaran Kasus Covid-19 di Indonesia. Covid19.Go.Id. https://covid19.go.id/

Departemen Agama RI, 2010 Himpunan Peraturan Perundang-undangan Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah Umum

Garrison&Kanuka, 2. (2004). Garrison & Kanuka “Blended Learning: Uncovering its Transformative Potential in Higher Education”. Learning Environments Design Reading Series, 34.

Hasan, H. 2. (2016). Penggunaan Media Audio Visual Terhadap. Pesona Dasar Vol. 3 No.4, Oktober 2016, 22-23.

Husniatus Salaham Z. 2007. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT Konsep dan Aplikasi pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Kencana. Jakarta

Ihsanudin 2020;. (2020). Presiden Jokowi Teken Keppres Tetapkan Wabah Covid-19 Bencana Nasional. Jakarta: Kompas.com.

Januarisman, Pengembangan media pembelajaran berbasisi WEB mata pelajaran IPA untuk siswa kelas VII, Jurnal Inovasu Teknologi Pendidikan Vol 3 No. 2 (2016)

Jauhari. (2018). Peran Media Pembelajaran dalam Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 155.

Neti Budiwati dan Leni Permana, Perencanaan Pembelajaran Ekonomi. (Bandung: Laboratorium Pendidikan Ekonomi dan Koperasi,

Siahaan, 2. (n.d.).

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA.

Taufik, H. 1. (2016). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Internet pada Konsep Sistem Peredaran Darah Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada SMA Negeri 1 Woyla . Jurnal Biotic.

Unik , U. j., Lailli Irna Sari , Khusna Haibati Lathif , Ayu Puji Lestari , & Asyharinur Ayuning . (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19 . Al-Muthahrah, 188-198.

Published
2021-07-30
How to Cite
Rudi, R. M. B. (2021). Implementasi Media Pembelajaran dalam Keterampilan Mengajar bagi Mahasiswa dalam Mata Kuliah Media dan Teknologi Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Hayula: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies, 5(2), 209-220. https://doi.org/10.21009/005.02.04