Media Sosial Sebagai Agen Sosialisasi Politik Pada Kaum Muda

  • Yovita Octafitria Universitas Indonesia
Keywords: youth, political socialization, socialization agent, social media, youth political participation

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peran media sosial sebagai agen sosialisasi politik baru pada kaum muda. Penelitian sebelumnya menyebutkan agen sosialisasi politik seperti keluarga, institusi pendidikan, media massa, dan lembaga pemerintah sudah tidak diminati oleh kaum muda. Konten dan cara penyampaian dari agen sosialisasi tersebut tidak mampu membuat kaum muda menaruh perhatian pada apa yang disampaikan. Tulisan ini menjelaskan bagaimana media sosial mampu menjadi agen sosialisasi politik yang baru bagi kaum muda. Konten dan pendekatan yang dilakukan melalui media sosial dirasa lebih sesuai dengan kondisi kaum muda saat ini, sehingga mereka menggunakan media sosial sebagai sumber informasi yang berkaitan dengan politik. Salah satunya, ketika pemilu (pemilihan umum) 2014 berlangsung, kaum muda yang menjadi pemilih pemula tersebut menjadikan media sosial sebagai referensi utama atau agen sosialisai politik. Selain itu, kaum muda juga lebih aktif dalam berpartisipasi politik melalui media sosial. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini mewawancarai enam orang kaum muda.

Published
2018-03-15
How to Cite
Octafitria, Yovita. 2018. “Media Sosial Sebagai Agen Sosialisasi Politik Pada Kaum Muda”. Indonesian Journal of Sociology and Education Policy 1 (1), 13 - 34. https://doi.org/10.21009/10.21009/ijsep.011.02.