Gotong Royong Sebagai Tindakan Kolektif: Studi Pada Beberapa SMP di Kota Denpasar

  • Anggoro Yudo Mahendro; dan Ihya Ulumuddin
Keywords: gotong royong

Abstract

Penelitian ini menggunakan kerangka konsep tindakan kolektif (Ahn dan Ostrom, 2008) untuk melihat gotong royong di sekolah menengah di Kota Denpasar. Melalui pendekatan tindakan kolekti, diketahui bahwa selain modal sosial (dasar kepercayaan, jaringan, dan institusi) gotong royong juga terkait dengan hubungan timbal balik antar actor. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, beberapa kepala sekolah, guru, siswa, dan informan di luar sekolah diwawancarai dalam pengumpulan data. Hasil penelitian ini yang melihat gotong royong sebagai tindakan kolektif dipicu oleh actor (trustee) yang memiliki modal sosial untuk mempengaruhi (entrust) truster. Namun, kesinambungan tindakan kolektif juga tergantung sejauh mana trusee konsisten untuk mengembangkan tindakan kolektif yang dipeloporinya.

Published
2018-03-16
How to Cite
Ihya Ulumuddin, Anggoro Yudo Mahendro; dan. 2018. “Gotong Royong Sebagai Tindakan Kolektif: Studi Pada Beberapa SMP Di Kota Denpasar”. Indonesian Journal of Sociology and Education Policy 2 (1), 70 - 89. https://doi.org/10.21009/10.21009/10.21009/ijsep.021.04.