Lingkungan Suksesi Organisasi Sukarela (Studi Kasus Koalisi Pemuda Hijau Indonesia)

  • Yanuar Ibrahim A. Universitas Indonesia
Keywords: Strategi Suksesi, Organisasi Sukarela, Lingkungan Organisasi

Abstract

Perpecahan pengurus organisasi dan ketergantungan terhadap pemimpin yang dominan adalah salah satu permasalahan kasus suksesi pada organisasi sukarela di Indonesia. Berdasarkan permasalahan tersebut, suksesi kepemimpinan dapat dimungkinkan pada organisasi sukarela sebagai pencegahan terhadap masalah-masalah internal organisasi yang dapat terjadi.Pada penelitian sebelumnya menjelaskan bahwa suksesi pada organisasi sukarela dapat dilakukan jika
didalamnya terdapatstrategi suksesi, retensi staf, budaya organisasional, tingkat kejelasan perencanaan suksesi, dukungan manajerial dan tingkat usaha, serta adanya rencana strategis dan operasional suksesi. Namun pada penelitian-penelitian tersebut tidak membahas mengenai faktor eksternal dengan hanya terbatas fokus membahasfaktor internal dan tingkat mikro.Penulis melihat bahwa adanya faktor lingkungan organisasi sebagai aspek eksternal dan berada pada tingkat meso organisasi yang juga dapatmembuat dinamika pada organisasi sukareladalam mengalami perubahanpelaksanaan suksesi kepemimpinan. Berdasarkan hal tersebut, penulis beragumen bahwa terdapat aspek lingkungan organisasi yang membentuk dinamika proses suksesidan budaya organisasi yang menjadi aspek fundamental yang menopang strategi proses suksesipada organisasi sukarela. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui metode studi kasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui data primer dan data sekunder.

Published
2018-03-16
How to Cite
Ibrahim A., Yanuar. 2018. Indonesian Journal of Sociology and Education Policy 2 (2), 98 - 124. Accessed November 13, 2018. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/ijsep.022.05.