PENGELOLAAN KURIKULUM DALAM IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SMA ISLAM AL AZAR KELAPA GADING JAKARTA UTARA

  • Rizki Ventinia Universitas Negeri Jakarta
  • Supadi Supadi Universitas Negeri Jakarta
  • Winda Dewi Listyasari Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Kurikulum, Manajemen berbasis sekolah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah adalah untuk mencari data dan informasi mengenai Pengelolaan Kurikulum Dalam Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di SMA Islam Al-Azhar Kelapa Gading Jakarta Utara yang berfokus pada hal-hal seperti perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kurikulum.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analitik, Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa, (1). Pengaplikasian MBS (Manajemen Berbasis Sekolah) dalam perencanaan kurikulum terlihat dengan diterapkannya prinsi-prinsip MBS (Manajemen Berbasis Sekolah). (2) Pelaksanaan kurikulum dilaksanakan sesuai dengan perencanaan. (3) Evaluasi kurikulum di SMA Islam Al Azhar Kelapa Gading dikelompokan menjadi dua tahapan yaitu, pertama melakukan evaluasi setelah kegiatan tersebut dilaksanakan yang hanya melibatkan unsur kepanitiaan dan pimpinan  yang dilaksanakan rutin setiap bulannya, kedua evaluasi general yaitu evaluasi yang dilakukan secara bersama-sama melibatkan semua unsur termasuk BPPS (Badan Penunjang Program Sekolah). Hasil evaluasi yang berupa rekomendasi tersebut digunakan untuk melihat apakah program kurikulum akan dilanjutkan, diperbaharui atau dihapuskan.

 

Published
2017-12-01
How to Cite
Ventinia, R., Supadi, S., & Listyasari, W. D. (2017). PENGELOLAAN KURIKULUM DALAM IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SMA ISLAM AL AZAR KELAPA GADING JAKARTA UTARA. Improvement: Jurnal Ilmiah Untuk Peningkatan Mutu Manajemen Pendidikan, 4(2), 208 - 222. https://doi.org/10.21009/improvement.v4i2.10466