MANAJEMEN PROGRAM STANDARI SASI DAN SERTIFIKASI KOMPETENSI DI BADAN PENGEMBANGAN SDM KEMENTERIAN DALAM NEGERI

  • Dewi Listina Sari Universitas Negeri Jakarta
  • Siti Rochanah Universitas Negeri Jakarta
  • Amril Muhammad Universitas Negeri Jakarta

Abstract

ABSTRAK

Tujuan Penelitian ini bertujuan untuk menemukan data yang berhubungan dengan Manajemen Program Standarisasi dan Sertifikasi Kompetensi di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Dalam Negeri. Seperti yang dijelaskan oleh Semiawan, dengan pendekatan penelitian kualitatif diharapkan peneliti dapat memperoleh data dan informasi yang dibutuhkan.

Penelitian ini Pada penelitian ini, penulis menggunakan penelitian kualitatif karena informasi yang diperoleh berdasarkan hasil pengamatan terhadap proses yang terjadi di lapangan. Tetapi tetap berorientasi pada teori yang sudah ada yang disajikan sebagai bahan penjelasan.

.Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa, (1). Perencanaan standarisasi dilakukan di Pusat 1 yaitu pusat standarisasi dan sertifikasi kompetensi yaang memiliki beberapa fungsi salah satunya yaitu penyusunan kebijakan teknis dan rencana standarisasi dan kependidikan, kurikulum, dan pengembangan teknologi pembelajaran di bidang Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintah Daerah. (2) Pelaksanaan sertifikasi kompetensi dilakukan setelah standar ditetapkan, karena standar dipergunakan sebagai acuan serta tolak ukur kompetensi yang akan dicapai pada bidang-bidang atau profesi yang akan di sertifikasi agar dapat memperoleh kesamaan seluruh Indonesia serta tidak adanya perbedaan diantara lembaga-lembaga lainnya.

Kata kunci: Manajemen, Program, Standarisasi dan Sertifikasi kompetensi

Published
2019-03-06
How to Cite
Sari, D. L., Rochanah, S., & Muhammad, A. (2019). MANAJEMEN PROGRAM STANDARI SASI DAN SERTIFIKASI KOMPETENSI DI BADAN PENGEMBANGAN SDM KEMENTERIAN DALAM NEGERI. Improvement: Jurnal Ilmiah Untuk Peningkatan Mutu Manajemen Pendidikan, 4(2), 223 - 237. https://doi.org/10.21009/improvement.v4i2.10467