KNOWLEDGE MANAGEMENT DI SUB DIREKTORAT PENILAIAN KINERJA DAN PENGEMBANGAN KARIER GURU PENDIDIKAN DASAR

  • Muhammad Abdul Jabar Universitas Negeri Jakarta
  • Siti Zulaikha Universitas Negeri Jakarta
  • Wahyu sri Ambar Arum Universitas Negeri Jakarta
Keywords: knowledge management

Abstract

ABSTRAK

Penelitian dilakukan di Sub Direktorat Penilaian Kinerja dan Pengembangan Karier Guru Pendidikan Dasar, yang bertujuan untuk mengetahui gambaran knowledge management di tempat ini. Penelitian ini dilakukan dari bulan Januari - Juli 2017. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan, wawancara, dan studi dokumentasi. Sumber dari penelitian ini yaitu: Kepala Subdit, Kepala Sie Penilaian Kinerja, penanggung jawab kelompok kerja dan anggota kelompok kerja..

 

Penciptaan pengetahuan dimulai dari instruksi pimpinan atau pengembangan kebijakan, lalu kepala subdit, kepala sie dan penanggung jawab kelompok kerja diikutsertakan dalam sosialisasi kebijakan tersebut. Hasil dari kegiatan tersebut dibuat pengetahuan baru berupa peraturan pemerintah atau sejenisnya. Pengetahuan baru ini lalu di diskusikan kepada pegawai yang lain sehingga pegawai yang lain mengetahui hasil dari sosialisasi yang diikuti beberapa pegawai. Selain itu, dilakukan juga rolling tugas untuk menambah pengetahuan pegawai. Setelah itu dalam penerapan pengetahuannya pegawai atau kelompok kerja membuat program-program yang sesuai peraturan pemerintah.

 

Sub Direktorat Penilaian Kinerja dan Pengembangan Karier Guru Pendidikan Dasar hendaknya memperbanyak keterlibatan pegawai yang lain dalam proses penciptaan pengetahuan baru untuk mengembangkan kompetensi mereka. Selain itu, diperbanyak bahan bacaan untuk menambah pengetahuan pegawai.

Kata Kunci : Knowledge Management

Published
2017-12-01
How to Cite
Jabar, M. A., Zulaikha, S., & Ambar Arum, W. sri. (2017). KNOWLEDGE MANAGEMENT DI SUB DIREKTORAT PENILAIAN KINERJA DAN PENGEMBANGAN KARIER GURU PENDIDIKAN DASAR. Improvement: Jurnal Ilmiah Untuk Peningkatan Mutu Manajemen Pendidikan, 4(2), 254 - 266. https://doi.org/10.21009/improvement.v4i2.10471