Pengembangan Buku Pop-Up Karier untuk Kesadaran Karier Siswa Sekolah Dasar

  • Elia Firda Mufidah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Keywords: Kesadaran karier, Buku Pop-Up

Abstract

Kesadaran karier merupakan hal yang penting dimiliki siswa di sekolah dasar. Perkembangan karier di sekolah dasar menjadi tugas dari guru bimbingan dan konseling atau konselor kunjung. Media bimbingan dan konseling di sekolah dasar masih minim. Oleh karena itu peneliti mencoba mengembangan buku pop-up karier untuk membantu memberikan layanan bimbingan karier di sekolah dasar terutama dalam tahap kesadaran karier. Metode penelitian dan pengambangan yang digunakan ada 3 tahapan yakni studi pendahuluan, tahap pengembangan dan tahap uji media.

References

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Bodrova, E., Germeroth, C., & Leong, D. (2013). Play and self-regulation: Lessons from Vygotsky. American Journal of Play, 6, 111–123.

Dimakakou, D. S., Mylonas, K., Argyropoulou, K., & Drosos, N. (2013). Career Decision-Making Characteristics of Primary Education Students in Greece. International Education Studies, 6(5). https://doi.org/10.5539/ies.v6n5p22

Gall, M., Gall, J., & Borg, W. (2003). Educational Research. Boston: Pearson Education, Inc.

Magnuson, C. S., & Starr, M. F. (2000). How Early Is Too Early to Begin Life Career Planning? The Importance of the Elementary School Years. Journal of Career Development, 27(2), 89–101. https://doi.org/10.1177/089484530002700203

Nursalim, M. (2013). Pengembangan Media Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Akademia Permata.

Pedersen, T. (2010). Touch or no Touch - An interpretative phenomenological analysis of gestalt therapists and their experiences with physical touch in the therapeutical session. Derby, England: University of Derby.

Praditya, S. Y., & Nursalim, M. (2016). Pengembangan Media Pop Up Pengenalan Karir untuk Siswa Kelas III SDN Tambakagung Puri Mojokerto. Jurnal BK UNESA, 6(1), 1–10.

Pratiwi, N., & Pritanova, N. (2017). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Psikologis Anak dan Remaja. Semantik, 6(1), 11. https://doi.org/10.22460/semantik.v6i1.p11-24

Setyawan, D., & Usada & Mahfud, H. (2014). Penerapan Media Pop-Up Book untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara. Jurnal Didaktika Dwija Indria, 2(11), 1–5.

Sukmadinata, N. S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Zimberoff, D., & Hartman, D. (2003). Gestalt therapy and Heart-Centered therapies. Journal of Heart Centered Therapies, 6, 93–104.

Published
2019-12-31