Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling SMP di Sub Rayon 01 Kota Bekasi

  • Dede Rahmat Hidayat Universitas Negeri Jakarta
  • Aip Badrujaman Universitas Negeri Jakarta
  • Siti Suryarsi Dinas Pendidikan Kota Bekasi
Keywords: Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling, Kualifikasi Akademik, Status Pegawai

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kinerja Guru Bimbingan dan Konseling (BK) berdasarkan: Kualifikasi Akademik dan status kepegawaian. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui hubungan jumlah siswa asuh dengan kinerja Guru Bimbingan dan Konseling. Populasi dan sampel penelitian adalah semua Guru Bimbingan dan Konseling SMP di Sub Rayon 01 Kota Bekasi yang berjumlah adalah Guru Bimbingan dan Konseling sebanyak 53 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan Instrumen PKG dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan Mann-Whitney U-Test. hasil bahwa kinerja Guru Bimbingan dan Konseling yang Kualifikasi Akademik S1-BK memiliki kinerja yang lebih tinggi dengan Guru Bimbingan dan Konseling yang non BK. Berdasarkan status kepegawaian Guru Bimbingan dan Konseling PNS memiliki kinerja yang lebih tinggi dibandingkan dengan guru BK non PNS.

References

Corey, G. (2010). Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Bandung: Refika Aditama.

Gibson, J. L. (1996). Organisasi: perilaku, struktur, proses. Jakarta: Binarupa Aksara.

Mangkunegara, A. A. A. P. (2015). Manajemen sumber daya manusia perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Robbin, S. P. (2003). Perilaku Organisasi. Jakarta: Indeks.

Sinambela, L. (2012). Kinerja Pegawai: Teori, Pengukuran dan Implikasi. Yogyakarta: GrahaIlmu.

Suharsaputra, U. (2010). Administrasi Pendidikan. Bandung: Refika Aditama.

Sulistyowati, A. (2012). Problematika Kompetensi Konselor di SMA Se-Kabupaten Sleman Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Wahyuningsih, S., & Wibowo, E. (2011). Perbedaan Motivasi Kerja Guru PNS dan Non PNS Dilihat dari Kepemimpinan, Kepuasan Gaji dan Lingkungan Kerja. Jurnal Manajemen Sumberdaya Manusia, 5(2), 89 – 99.

Walantri, L. (2009). Kinerja Guru Pembimbing Ditinjau dari Latar Belakang Pendidikan, Tingkat Pendidikan dan Pengalaman Bekerja di SMP se- Kecamatan Banguntapan Tahun 2009. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Published
2019-06-30