Pengembangan Self-help Book Dengan Program Making Friends With Yourself untuk Meningkatkan Self-compassion Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 38 Jakarta

  • Brilliyana Kartika Sari Dewi
  • Wening Cahyawulan
Keywords: Self-help book, self-compassion

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan self-help book dengan program making friends with yourself  untuk meningkatkan self-compassion peserta didik kelas X SMA Negeri 38 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah DBR yang merupakan akronim dari Design Based Research  atau biasa disebut Educational Design Research yang terdiri dari tiga tahapan inti yakni (1) Analisis dan Eksplorasi, (2) Desain dan Konstruk, (3) Evaluasi dan Refleksi. Penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap evaluasi. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 38 Jakarta. Subjek penelitian ini adalah 154 peserta didik kelas X SMA Negeri 38 Jakarta. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan teknik penyebaran angket dan wawancara pada peserta didik. Hasil uji validasi dengan ahli media, skor yang didapatkan sebesar 77,27% (layak) dengan keunggulan memiliki desain yang menarik, pemilihan ukuran dan bentuk yang tepat, serta tujuan materi dapat tersampaikan. Sedangkan hasil uji validasi dengan ahli materi mendapatkan skor sebesar 91,25% (sangat layak) yang artinya self-help book yang dikembangkan telah sesuai dengan program making friends with yourself.  Pengembangan self-help book memberikan informasi mengenai self-compassion, serta keterampilan dalam mengembangkan self-compassion.

Kata Kunci: Self-Help Book, Self-Compassion. 

References

Bergsma, A. (2008). Do self-help books help? Journal of Happiness Studies, 9(3), 341–360. https://doi.org/10.1007/s10902-006-9041-2

Bluth, K., Gaylord, S. A., Campo, R. A., Mullarkey, M. C., & Hobbs, L. (2015). Making friends with yourself: a mixed methods pilot study of a mindful self-compassion program for adolescents. Mindfulness, 7(2), 479–492. https://doi.org/10.1007/s12671-015-0476-6

Campbell, L. F., & Smith, T. P. (2003). Integrating self-help books into psychotherapy. Journal of Clinical Psychology, 59(2), 177–186. https://doi.org/10.1002/jclp.10140

Hasanah, F., & Hidayati, F. (2016). Hubungan antara self-compassion dengan alienasi pada remaja (sebuah studi korelasi pada siswa SMK negeri 1 majalengka). Empati, 5(4), 750–756.

Herrington, J., McKenney, S., Reeves, T., & Oliver, R. (2007). Design-based research and doctoral students: Guidelines for preparing a dissertation proposal. Research Online, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Kusuma, S. W., & Suwarti. (2015). Relationship between emotional stability with school. Psycho Idea, 13(2), 39–46.

McKenny, S., & Thomas, R. C. (2013). Conducting educational design research. In Educational Media International (Vol. 50, Nomor 3). Routledge. https://doi.org/10.1080/09523987.2013.843832

Neff, K. (2003). Self and identity self-compassion : an alternative conceptualization of a healthy attitude toward oneself self-compassion : an alternative conceptualization of a healthy attitude toward oneself. Psychology, November 2012, 37–41. https://doi.org/10.1080/15298860390129863

Neff, K. (2015). The self-compassion scale is a valid and theoretically coherent measure of self-compassion. Mindfulness, 7(1), 264–274. https://doi.org/10.1007/s12671-015-0479-3

Repi, A. A. (2019). Self compassion versus self esteem terhadap pembentukan self-concept remaja: mana yang lebih baik? Jurnal Psikologi, 4(2), 1–11.

Santrock, J. W. (2016). Adolescence sixteenth edition (Sexteenth). United States of America: Mc Graw Hill Education.

Watkins, P. Lou, & Clum, G. A. (2008). Handbook of self-help therapies (W. P. Lou & G. A. Clum (ed.)). Newyork: Routledge

Published
2020-12-31