Pengembangan Media Buku Bantuan Diri (Self-Help Book) dengan Teknik Self Modification Untuk Meningkatkan Keterampilan Manajemen Waktu Peserta Didik Kelas X di MAN 1 Kota Tangerang Selatan

  • Rizka Nurul Fadhilah Universitas Negeri Jakarta
  • Wening Cahyawulan Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Model ADDIE, Self-Help Book, Keterampilan Manajemen Waktu, Teknik Self Modification

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media self-help book untuk meningkatkan keterampilan manajemen waktu dengan menggunakan teknik self modification pada peserta didik X MA Negeri 1 Kota Tangerang Selatan. Penelitian ini termasuk dalam Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian dilakukan di MA Negeri 1 Tangerang Selatan. Subjek penelitian ini adalah 197 peserta didik kelas X. Pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara dan penyebaran angket kepada peserta didik. Hasil uji validasi dengan ahli media mendapat persentase sebesar 92,05% (Sangat Layak) dan ahli materi sebesar 87,5% (Sangat Layak). Hasil uji validasi pada kelompok kecil mendapat persentase 84,8% (Sangat Layak) pada penilaian media. Sehingga dapat dinyatakan media self-help book untuk meningkatkan keterampilan manajemen waktu dengan menggunakan teknik Self Modification pada peserta didik kelas X di MA Negeri 1 Kota Tangerang Selatan “Sangat Layak”. Di dalam self-help book ini terdapat informasi-informasi keterampilan manajemen waktu seperti definisi, faktor-faktor, bentuk perilaku, dan cara meningkatkan keterampilan manajemen waktu. Selain itu terdapat lembar kerja-lembar kerja untuk membantu peserta didik mengatasi permasalahan dan meningkatkan keterampilan manajemen waktu.

References

Adebisi, J. F. (2013). Time Management Practices and Its Effect on Business Performance. Canadian Social Science, 9(1), 165–168. https://doi.org/10.3968/j.css.1923669720130901.2419

Bergsma, A. (2008). Do self-help books help? Journal of Happiness Studies, 9(3), 341–360. https://doi.org/10.1007/s10902-006-9041-2

Corey, G. (2009). Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. Thomson Brooks/Cole.

Gea, A. A. (2014). Time Management: Menggunakan Waktu Secara Efektif dan Efisien. Humaniora, 5(2), 777. https://doi.org/10.21512/humaniora.v5i2.3133

Kurtz, L. F. (2007). Practioners, Self Help and Support Groups: A Handbook for Practioners. SAGE Publication.

Larsson, J., & Sanne, C. (2005). Self-help Books on Avoiding Time Shortage. Time & Society, 14(2–3), 213–230. https://doi.org/10.1177/0961463X05055135

Levin, P. (2007). Student Friendly Guide: Skilfull Time Management. Open University Press.

Liu, O. L., Rijmen, F., MacCann, C., & Roberts, R. (2009). The assessment of time management in middle-school students. Personality and Individual Differences, 47(3), 174–179. https://doi.org/10.1016/j.paid.2009.02.018

Nurhidayati, D. D. (2016). Peningkatan Pemahaman Manajemen Waktu Melalui Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Problem Solving pada Siswa. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan dan Konseling, 5(1), 24. https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v5i1.4592

Sunarto, & Hartono, A. (2008). Perkembangan Peserta Didik. Rineka Citra.

Tjalla, A., Komalasari, G., & Asharika, E. (2017). Pengembangan Hipotetik Buku Bantuan Diri Tentang Bahaya Merokok. Insight Jurnal Bimbingan Konseling, 5(2), 169–183. https://doi.org/10.21009/INSIGHT.052.03

Watkins, P. L., & Clum, G. A. (2008). Handbook Of Self-Help Therapies. Lawrence Erlbaum Associates.

Watson, D. L., & Tharp, R. G. (2007). Self-Directed Behaviour: Self modification for Personal Adjustment. Cengage Learning.

Published
2020-06-30