Hubungan antara Self Compassion dengan Resiliensi pada Mahasiswa Tingkat Akhir

  • Mira Oktaviani Universitas Negeri Jakarta
  • Wening Cahyawulan Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Self Compassion, Resiliensi, Mahasiswa Tingkat Akhir

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self compassion dengan resiliensi pada mahasiswa tingkat akhir. Penelitian ini menggunakan metode korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 310 mahasiswa tingkat akhir Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta. Pengambilan sampel menggunakan Teknik accidental sampling. Alat pengumpul data berupa instrumen Skala Welas Diri (SWD) dan Connor-Davidson Resilience Scale (CD-RISC) Short version-10 item yang diadaptasi oleh peneliti. Hasil uji validitas menunjukkan semua butir pernyataan valid. Uji reliabilitas untuk variabel self compassion sebesar 0,962 dan untuk resiliensi 0,801 berada pada kategori sangat tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara self compassion dengan resiliensi pada mahasiswa tingkat akhir  dengan koefisien korelasi 0,498 dan siginifikansi 0,000 (p<0,05).   

References

Ambarwati, P. D., Pinilih, S. S., & Astuti, R. T. (2017). Gambaran Tingkat Stres Mahasiswa. Jurnal Keperawatan, 5(1), 40–47. https://doi.org/10.26714/jkj.5.1.2017.40-47

Cahyani, Y. E., & Akmal, S. Z. (2017). Peranan spiritualitas terhadap resiliensi pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Psikoislamedia : Jurnal Psikologi, 2(1), 32–41. https://doi.org/10.22373/psikoislamedia.v2i1.1822

Campbell-Sill, L., & Stein, M. B. (2007). Psychometric analysis and refinement of the connor–davidson resilience scale (cd-risc): validation of a 10-item measure of resilience. Jurnal Traumatic Stress, 20(6), 1019–1028.

Caunia, R. (2020). Pengaruh self-compassion terhadap resiliensi mahasiswa rantau akibat pandemi covid-19. Universitas Negeri Jakarta.

Connor, K. M., & Davidson, J. R. T. (2003). Development of a new Resilience scale: The Connor-Davidson Resilience scale (CD-RISC). Depression and Anxiety, 18(2), 76–82. https://doi.org/10.1002/da.10113

Egeland, B., Carlson, E., & Sroufe, L. A. (1993). Resilience as process. Development and Psychopathology, 5(4), 517–528. https://doi.org/10.1017/S0954579400006131

Febrinabilah, R., & Listiyandini, R. A. (2016). Hubungan Antara Self- Compassion dengan Resiliensi pada Mantan Pecandu Narkoba Dewasa Awal. 1(1), 19–28.

Harning, A. D. (2018). Hubungan antara Self Compassion dengan Resiliensi pada Remaja dari Keluarga Bercerai.

Herrman, H., Stewart, D. E., Diaz-Granados, N., Berger, E. L., Jackson, B., & Yuen, T. (2011). What is resilience? Canadian Journal of Psychiatry, 56(5), 258–265. https://doi.org/10.1177/070674371105600504

Holaday, M., & McPhearson, R. W. (1997). Resilience and severe burns. Journal of Counseling and Development, 75(5), 346–356. https://doi.org/10.1002/j.1556-6676.1997.tb02350.x

Khoirunnisa, R. N., Jannah, M., Dewi, D. K., & Satiningsih. (2021). Prokrastinasi akademik mahasiswa tingkat akhir pada masa pandemi covid-19. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 11(3), 278–292. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26740/jptt.v11n3.p278-292

Neff, K. (2003a). Self-Compassion: An Alternative Conceptualization of a Healthy Attitude Toward Oneself. Self and Identity, 2, 85–101. https://doi.org/10.1080/15298860390129863

Neff, K. (2003b). The development and validation of a scale to measure Self-Compassion. Self and Identity, 2, 223–250. https://doi.org/10.1080/15298860390209035

Neff, K. (2011). Self-Compassion: Stop Beating Yourself Up and Leave Insecurity Behind. Harper Collins.

Neff, K. D., Hsieh, Y.-P., & Dejitterat, K. (2005). Self-compassion, achievement goals, and coping with academic failure. Self and Identity, 4(3), 263–287. https://doi.org/10.1080/13576500444000317

Neff, K. D., & McGehee, P. (2010). Self-compassion and psychological resilience among adolescents and young adults. Self and Identity, 9(3), 225–240. https://doi.org/10.1080/15298860902979307

Notario-Pacheco, B., Solera-Martínez, M., Serrano-Parra, M. D., Bartolomé-Gutiérrez, R., Martínez-Vizcaíno, V., & García-Campayo, J. (2011). Reliability and validity of the Spanish version of the 10-item Connor-Davidson Resilience Scale (10-item CD-RISC) in young adults. Health and Quality of Life Outcomes, 9(63), 1–6. https://doi.org/0.1186/1477-7525-9-63

Reivich, K., & Shatte, A. (2003). The Resilience Factor: 7 Keys to Finding Your Inner Strength and Overcoming Life’s Hurdles. Three Rivers Press.

Reyes, D. (2012). Self-Compassion: A Concept Analysis. Journal of Holistic Nursing, 30(2), 81–89. https://doi.org/10.1177/0898010111423421

Shlomi, H. (2010). The Relationship between Childhood Family Instability, Secure Attachment, and the Sense of Belonging of Young Adults. University of British Columbia, Okanagan.

Siebert, A. (2005). The Resilency Advantage. Berrett-Koehler Publishers.

Yusuf, A. M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Kencana. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=RnA-DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA2&dq=metode+kuantitatif&ots=Jx8sJqVEce&sig=dcqHyoitXhwGxDjWaTtLYgqWK6w&redir_esc=y#v=onepage&q=metode kuantitatif&f=false

Published
2022-02-23