Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Resiliensi Akademik di Masa Pandemi pada Mahasiswa Akhir Prodi X Universitas di Jakarta

  • Imasda Almun UNJ
  • Ahmad Rifqy Ash- Shiddiqy Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Dukungan sosial teman sebaya, Resiliensi Akademik

Abstract

Penelitian skripsi ini, dilakukan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan resiliensi akademik di masa pandemic pada mahasiswa akhir Bimbingan dan Konseling di Universitas Negeri Jakarta. Sampel pada penelitian ini berjumlah 100 mahasiswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dukungan sosial teman sebaya dan the academic resilience scale-Indonesia. Berdasarkan perhitungan data diketahui adanya hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan resiliensi akademik sebesar 25,7%. Persamaan regresi yang diperoleh yaitu Y = 59.434 + 0,628X. Nilai konstanta menyatakan jika dukungan sosial teman sebaya bernilai 0, maka resiliensi akademik memiliki nilai konstan sebesar 59.434. Kemudian nilai (0,628) menggambarkan bahwa arah hubungan antar variabel adalah searah. Artinya saat kenaikan satu satuan variabel dukungan sosial teman sebaya akan menyebabkan kenaikan resiliensi akademik sebesar 0,628

References

Cassidy, S. (2016). The Academic Resilience Scale (ARS-30) : A New Mulitidimensional Construct. Frontiers in Psychology, 7, 1–11.

Fauziah, & Jamaliah. (2020). Analisis Kesulitan Mahasiswa Menyelesakan Skripsi di Masa Pademi pada Program Studi Penddikan Bahasa Inggris. Seminar Nasional Multi Disiplin.

Fitri, H. U., & Kushendar. (2009). Konseling Kelompok Cognitive Restructuring untuk Meningkatkan Resiliensi Akademik Mahasiswa. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 1, 67–69.

Jenira. (2019). Hubungan Dukungan Teman Sebaya dengan Komitmen Menyelesaikan Studi pada Mahasiswa Semester Akhir Fakultas Ilmu Sosial dan Politik di Universitas Mulawarman. PSIKOBORNEO, 1, 326–339.

Kumalasari, D., & Luthfiyanni, N. A. (2020). Analisis Faktor Adaptasi Instrumen Resiliensi Akademik Versi Indonesia : Pendekatan Eksploratori dan Konfirmatori. Jurnal Penelitian Dan Pengukuran, 9, 84–95.

Martin, A. J., & Marsh, H. W. (2009). Academic resilience and academic buoyancy: Multidimensional and hierarchical conceptual framinf of causes, correlates, and cognate constructs. Oxford Review of Education, 35, 353–370.

Mufidah, A. C. (2017). Hubungan Antara Dukungan Sosial dan Resiliensi dengan Locus of Control Sebagai Moderator pada Mahasiswa Bidikmisi. PSIKODIMENSIA, 16, 121–130.

Smet. (1994). Psikologi Kesehatan. Grasindo.

Sugiyono. (2015). Statistika untuk penelitian. Alfabeta.

Published
2022-02-23