PENGEMBANGAN DIRI MAHASISWA DI FAKULTAS KEGURUAN IIMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA (FKIP – UKI)

Pengembangan diri mahasiswa

  • Mesta Limbong Universitas Kristen Indonesia
Keywords: Aspek Pengembangan diri mahasiswa

Abstract

Proses pengembangan diri mahasiswa tidak dengan sendirinya dapat sampai ke tahap  otonomi  tanpa melalui proses yang seharusnya  dilalui, seperti mengikuti kegiatan akademik dan non akademik secara seimbang.    Untuk itu, dari ke  sebelas aspek yang berhubungan dengan pengembangan diri (religious, perilaku etis, kematangan emosional, kematangan intelektual, kesadaran tanggung jawab, peran sosial sebagai pria atau wanita, penerimaan dan pengembangannya, kemandirian perilaku ekonomis, wawasan persiapan karir, kematangan hubungan dengan teman sebaya, serta persiapan diri untuk pernikahan dan hidup berkeluarga) di beri ruang bagi mahasiswa.  Sehingga  ke 11 aspek yang ditentukan menjadi indicator pengembangan diri mahasiswa dapat terealisasi secara optimal.  

References

Gea, A.A., Wulandari, A.P.Y., & Babari, Y. (2004). Character Building 1: Relasi dengan Diri Sendiri. Jakarta: Elex Media Komputindo
Rachmat, J. (2004). Psikologi Agama. Jakarta: Gramedia.
Santrock, J.W. (2012). Perkembangan Masa Hidup (13th ed.). (Widyasinta, B., Tran.). Jakarta:Erlangga,
Tim Univesitas Pendidikan Indonesia. (2002). ITP Mahasiswa. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Published
2017-12-31