Upaya Mengatasi Kesulitan Belajar Melalui Bimbingan Manajemen Diri Siswa Di Makassar

  • Ikhsan Ikhsan SMP Negeri 1 Makassar Provinsi Sulawesi Selatan
  • Muhammad Ilham Bakhtiar Universitas Negeri Makassar
Keywords: manajemen diri, kesulitan belajar

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif tentang penerapan manajemen diri dalam mengatasi kesulitan belajar siswa. Hasil penelitian adalah: 1) Pelaksanaan bimbingan manajemen diri merupakan tindakan yang dapat meminimalisasikan kesulitan belajar yang dihadapi siswa, 2) Bimbingan manajemen diri dapat mengatasi kesulitan belajar siswa, dimana terjadi penurunan tingkat kesulitan belajar siswa setelah memperoleh bimbingan manajemen diri di SMP Negeri 1 Makassar. Saran-saran yang diberikan berupa: 1) Guru pembimbing hendaknya lebih intensif dalam melaksanakan kegiatan ini dalam mengantisipasi kecenderungan kesulitan belajar yang dihadapi oleh siswa, 2) Siswa hendaknya berusaha secara optimal memanfaatkan layananan bimbingan dan konseling khususnya layanan bimbingan manajemen diri.

References

Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono, 1991. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka cipta.
Cormier & Nurius. 2003. Interviewing and Change Strategies For Helpess (Fundamental Skill and Cognitive Behavioral Intervention). Spain: Thomson.
Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Desmita. 2007. Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2005. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka cipta.
Fikriana, 20 Juni 2007. Manajemen Diri. Diakses melalui Situs On-Line internet http://fikriana.wordpress.com/2007/06/20/manajemen-diri/.
Handayaningrat, S. 2004. Pengantar Studi Administrasi dan Manajemen, Yogyakarta:Gajah Mada Universitas Press.
Prayitno& Amti, E. 2004. Dasar-dasar bimbingan dan konseling. Jakarta: PT Rineka Cipta
Published
2018-06-27