Pengembangan Media Video Tutorial untuk Mengenalkan Treatment Mengelola Emosi Marah Pada Peserta Didik Kelas X di SMK Cipta Karya Jakarta

  • Hilma Fitriyani Universitas Negeri Jakarta
  • Lin Rosalia Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Pengembangan, Model ADDIE, Mengelola Emosi, Marah

Abstract

Abstrak

 

Masa remaja dapat dikatakan sebagai periode peralihan. Perubahan perilaku dan sikap juga berlangsung pesat pada masa remaja, salah satunya adalah meningginya emosi yang intensitasnya bergantung pada tingkat perubahan fisik dan psikologis yang terjadi (Hurlock, 2003). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran video tutorial mengenai cara mengelola emosi marah yang ditujukan untuk kelas X di SMK Cipta Karya. Jumlah populasi penelitian terdiri dari 3 kelas X. Sampel yang diambil pada penelitian sebanyak 67 peserta didik. Peneliti menggunakan teknik sampel jenuh. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan Research and Development (RnD) menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Video tutorial yang dikembangkan berdurasi 29 menit dan terbagi dalam 3 sesi. Hasil penilaian ahli media sebesar 95%, ahli konten 1 96%, ahli konten 2 75%, minat peserta didik 89,5%, dan capaian kinerja 90%. Hasil dari pengembangan video tutorial cara mengelola emosi marah dikategorikan sangat baik.

 

Kata Kunci: Pengembangan, Model ADDIE, Mengelola Emosi, Marah.

 

 

 

Abstract

 

Adolescence can be said to be a transitional period. Changes in behavior and attitudes also take place rapidly in adolescence, one of which is elevating emotions whose intensity depends on the level of physical and psychological changes that occur (Hurlock, 2003). This study aims to produce a tutorial video as an instructional media about how to manage angry emotion designed for the 10th grade students of Cipta Karya Vocational High School (SMK) Jakarta. Study population consists of 3 classes of 10th grade. Samples were taken from 67 students. The researcher used saturated sampling. The research method used is the Research and Development (RnD) method using the ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation) model. The developed tutorial video divided into 3 sessions with 29 minute duration. The formative evaluation conducted by the media expert is 95%, content expert 1 is 96%, content expert 2 is 75%, the students assessment about media interest is 89,5%, and the students assessment about learning attainment is 90%. The result of the development of tutorial video in managing the angry emotion is categorized as excellent.

 

Keywords: Development, ADDIE Model, Managing, Emotion, Angry

References

Amzi, U. R. (2014). Penerapan Strategi Self
Instruction Untuk Mengelola Kemarahan Pada Siswa Kelas XI IPS 3 di SMAN 1 Menganti. Jurnal BK Unesa, 4(3), 1-8.
Bhave, S. Y., & Saini, S. (2009). Anger Management. New Delhi: SAGE Publication.
Borg, W.R & Gall, M.D. (2003). Educational Research: An Introduction. London: Longman Inc.
Corey, G. (2008). Theory & Practice of Group
Conseling. Canada: Brooks/Cole Cengage Learning.
Ekawati, N., Supurwoko, & Wahyuningsih, D.
(2012). Pengembangan Video Tutorial Sebagai Media Dalam Belajar Mandiri Materi Bunyi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(2), 1-11.
Feindler, E. L. (2006). Anger-Related Disorders: A Practitioner's Guide to Comparative Treatments. New York: Springer.
Fikri, H. T. (2012). Pengaruh Menulis
Pengalaman Emosional Dalam Terapi Ekspresif Terhadap Emosi Marah Pada Remaja. Jurnal Intervensi Psikologi, 9(2), 1-20.
Havizhah. (2014). Pengembangan Media
Pembelajaran Video Tutorial Pada Materi Tetapan Kesetimbangan Untuk Kelas XI IPA SMAN 6 Batanghari. Karya Ilmiah Universitas Jambi, 2(1), 1-8.
Hurlock, E. B. (2003). Psikologi
Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.
Lench, H. C. (2004). Anger Management: Diagnostic Differences and Treatment Implications. Journal of Social and Clinical Psychology, 1(1), 512-530.
Rozalena, A., & Dewi, S. K. (2016). Panduan Praktis Menyusun dan Pelatihan Karyawan Pengembangan Karier. Jakarta: Raih Asa Sukses.
Santrock, J. W. (2007). Remaja: edisi
kesebelas. Jakarta: Erlangga.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian
Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2009). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan Dengan ADDIE Model. Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(1), 1-15.
Published
2018-12-31