Pengembangan Media Pembelajaran Visual dengan Menggunakan Flipchart untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi Melalui Layanan Bimbingan Kelompok

  • Auliya Safitri Universitas Negeri Jakarta
  • Happy Karlina Marjo Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Media Pembelajaran, Visual, Flipchart, Motivasi Berprestasi, Bimbingan Kelompok

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan media pembelajaran visual dengan menggunakan flipchart untuk meningkatkan motivasi berprestasi melalui layanan bimbingan kelompok peserta didik kelas X di SMAN 11 Jakarta. Peneliti menggunakan teknik cluster sampling dengan memilih 6 kelas dengan jumlah populasi dan sampel secara keseluruhan yaitu 198 peserta didik kelas X. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode pengembangan Research and Development (R&D) menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate). Adapun tahapan model pengembangan yang dilakukan adalah analisis, desain, dan pengembangan. Alat pengumpul data berupa angket dan wawancara. Penilaian media dilakukan oleh validator yang terdiri dari ahli media, ahli materi dan peserta didik. Berdasarkan data tersebut menunjukkan bahwa hasil evaluasi formatif yang dilakukan oleh ahli media 95%, penilaian ahli materi 98%, dan penilaian peserta didik mencapai 95%. Hasil media pembelajaran visual dengan menggunakan flipchart untuk meningkatkan motivasi berprestasi melalui layanan bimbingan kelompok pada 10 peserta didik kelas X di SMAN 11 Jakarta yaitu 100% peserta didik mengetahui motivasi berprestasi dan 100% peserta didik menyatakan media flipchart adalah media yang mampu menyajikan pembelajaran secara ringkas dan praktis. Media pembelajaran visual dengan menggunakan flipchart untuk meningkatkan motivasi berprestasi melalui layanan bimbingan kelompok peserta didik kelas X di SMAN 11 Jakarta dikategoriikan sangat baik untuk menjadi media pembelajaran yang cocok untuk peserta didik yang memiliki gaya belajar visual.

References

Arsyad, A. (2013). Media pengajaran. Jakarta: Raja Grafindo.
McClelland, D. (1987). Human motivation. New York: Cambridge University Press.
Suarni, N. K. (2004). Meningkatkan motivasi berprestasi siswa Sekolah Menengah Umum di Bali dengan strategi pengelolaan diri model Yates: Studi kuasi eksperimentasi pada siswa kelas I SMU di Bali. (Unpublished doctoral dissertation). Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.
Sugiyono. (2009). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susilana, R., & Riyana, C. (2008). Media pembelajaran: Hakikat pengembangan, pemanfaatan, dan penilaian. Bandung: Wacana Prima.
Usman, B. & Asnawir. (2002). Media pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers.
Winkel. (2000). Psikologi pendidikan dan evaluasi belajar. Jakarta: Gramedia.
Published
2019-01-22