AKTIVITAS PEMBELAJARAN SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI CAHAYA MADANI DALAM PEMBELAJARAN FISIKA (PERSEPSI SISWA MELALUI SELF ASSESSMENT)

  • Bambang Afriadi Universitas Islam Syekh Yusuf
  • Yustiadi Yustiadi Sekolah Menengah Atas Negeri Cahaya Madani Banten
Keywords: Pengembangan Kompetensi, Siswa SMA, Self Assessment, Pembelajaran, Fisika, Importance Performance Analysis, Rekomendasi.

Abstract

Penilaian sejatinya tidak hanya berbicara pada hasil akhir melainkan juga mengenai proses. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi siswa Sekolah Menengah Atas Negeri Cahaya Madani Banten, terhadap pengembangan kompetensi dalam pembelajaran Fisika melalui self assessment. Penelitian ini dilaksanakan dengan melibatkan 66 orang siswa sebagai sampel penelitian, pada kelas XI Jurusan Ilmu Pengetahuan Alam. Responden dipilih melalui teknik culster random sampling. Keseluruhan data penelitian diperoleh melalui penggunaan instrumen baku Students Aktivitas dalam kelas sekaligus sebagai instrumen self assessment yang meliputi dimensi: (1) pikiran, (2) hubungan sosial, (3) penggunaan bahasa, simbol, dan kalimat, (4) manajemen diri, serta (5) partisipasi dan kontribusi. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis kuadran Importance Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian menunjukkan dari 30 butir pernyataan, sebanyak 14 butir dalam kategori prestasi, 1 butir dalam kategori berlebihan, 14 butir dalam kategori prioritas rendah, dan 1 butir dalam kategori prioritas utama sebagai rekomendasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pembelajaran Fisika, siswa Sekolah Menengah Atas Negeri Cahaya Madani Banten belum memahami apa yang mereka pelajari dan mengapa mereka mempelajari materi tersebut.

 

 

Published
2021-03-03
How to Cite
Afriadi, B., & Yustiadi, Y. (2021). AKTIVITAS PEMBELAJARAN SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI CAHAYA MADANI DALAM PEMBELAJARAN FISIKA (PERSEPSI SISWA MELALUI SELF ASSESSMENT). Jurnal Evaluasi Pendidikan, 12(1), 27 - 34. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jep/article/view/20221