A Analisis Kesesuaian Buku Siswa Kelas IV Berbasis Kurikulum 2013 Tema “Pahlawanku” Subtema “Pahlawanku Kebangganku” Pada Pembelajaran 2

Analisis Kesesuaian Buku Siswa Kelas IV Berbasis Kurikulum 2013 Tema “Pahlawanku” Subtema “Pahlawanku Kebangganku” Pada Pembelajaran 2

  • bernadine ajeng indriasari universitas katolik musi charitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian buku siswa kelas IV berbasis Kurikulum 2013 pada tema “Pahlawanku” subtema “Pahlawanku Kebanggaanku” pada pembelajaran 2 dengan kompetensi dasar, tujuan, indikator, kegiatan, materi, alat dan sumber belajar. Artikel ini merupakan artikel ke-8 dari 18 bagian analisis terhadap buku siswa kelas IV berbasis Kurikulum 2013 pada tema “Pahlawanku”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan cara menganalisis dokumen berupa buku siswa kelas IV berbasis Kurikulum 2013 tema “Pahlawanku” dan buku guru kelas IV berbasis Kurikulum 2013 tema “Pahlawanku”. Analisis mengacu pada keputusan-keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nasional, artikel yang berkaitan dengan implementasi Kurikulum 2013 dan artikel dari situs resmi badan Standar Nasional Pendidikan (BNSP). Dari hasil analisis ditemukan bahwa pada bagian sumber belajar tidak terdapat terdapat sumber belajar pendukung yang ditentukan. Pada bagian materi ditemukan tidak adanya alat bantu pengukuran panjang sesuai dengan materi pembelajaran. Dari hasil analisis disimpulkan bahwa buku siswa kelas IV tema “Pahlawanku” subtema “Pahlawanku Kebangganku” pada pembelajaran 2 masih memerlukan beberapa perbaikan sesuai dengan temuan.

Published
2021-10-23
How to Cite
indriasari, bernadine ajeng. (2021). A Analisis Kesesuaian Buku Siswa Kelas IV Berbasis Kurikulum 2013 Tema “Pahlawanku” Subtema “Pahlawanku Kebangganku” Pada Pembelajaran 2. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 12(2), 60 - 64. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jep/article/view/23158