ANALISIS KONSTRUKSI RANGKA ALAT PENGUJIAN POMPA MENGGUNAKAN PROGRAM CATIA V5

  • Basori Universitas Nasional
  • Rudianto Universitas Nasional
Keywords: Rangka, Pompa, Catia V5, Pengujian

Abstract

Metode analisis yang diterapkan pada rangka alat pengujian pompa adalah analisis menggunakan program Catia V5. Program Catia V5 dirancang dan dibuat untuk mempermudah pekerjaan-pekerjaan teknik diantaranya konstruksi, desain, perpipaan, kelistrikan dan lain-lain. Catia memiliki fitur yang cukup lengkap sehingga mampu melakukan CAD (Computer Aided Desain), CAM (Computer Aided Manufacture) dan CAE (Computer Aided Engineering). CATIA V5 juga mampu melakukan analisis secara 3D pada perancangan konstruksi rangka peralatan pengujian pompa. Diharapkan dari penelitian terhadap rangka yang digunakan pada alat pengujian pompa ini didapatkan suatu hasil analisis yang memadai, dan dari data-data diperoleh itu pula dapat digunakan sebagai acuan untuk upaya-upaya perbaikan serta menyatakan tingkat kelayakan rangka alat pengujian pompa. Dalam mendesain atau merancang sebuah rangka diperlukan urutan kerja yang sistematis dan terencana guna mendapatkan hasil kerja yang optimal. Dimulai dari identifikasi masalah, perumusan masalah, modeling, pemilihan bahan kemudian diinput pada Catia V5 dan selanjutnya dilakukan perhitungan dengan Catai V5, jika rangka memenuhi spesifikasi maka akan dilanjutkan ke analisis serta kesimpulan, jika tidak maka akan kembali lagi ke modeling. Distribusi tegangan dan regangan pada rangka alat pengujian pompa ditunjukkan dengan variasi warna pada hasil analisis dengan program Catia V5. Tegangan maksimum yang diterima rangka adalah sebesar 7,63027 x 106 N/m2 terletak pada kaki rangka di bawah piston pump. Spesifikasi rangka alat pengujian pompa adalah baja siku SC 40 dengan panjang 1000 mm, lebar 540 mm dan tinggi 820 mm. Material konstruksi alat pengujian pompa adalah baja SC 40 dengan batas tegangan bahan yang diizinkan yaitu sebesar 2,5 X 108 N/m2. Defleksi maksimum yang terjadi pada rangka alat pengujian pompa sebesar 0.0699382 mm, terletak pada bagian atas rangka yaitu pada dudukan hydromotor.

References

Anonim, Teknik Mesin, IBM Catia Basic Training Module, Politeknik Negeri Bandung, Bandung, 2007.

Anonim, Teknik Mesin, Modul Pelatihan Catia, Universitas Nasional, Jakarta, 2009.

Hendriansyah, H. dan Rahman, A, Elemen Mesin Konstruksi dari Bangunan Mesin, Erlangga, Jakarta, 1981.

J.E, Shigley, (Terjemah: G Harahap), Perencanaan Teknik Mesin, Erlangga, Jakarta, 1984.

Sujiarto, Irvan, Desain dan Analisis Struktur Konstruksi Perangkat Desalinasi Mechanical Vapour Compression Dengan Catia V5,Universitas Nasional, Jakarta, 2008.

Published
2014-04-30
How to Cite
[1]
Basori and Rudianto, “ANALISIS KONSTRUKSI RANGKA ALAT PENGUJIAN POMPA MENGGUNAKAN PROGRAM CATIA V5”, J. Konversi Energi dan Manufaktur, vol. 1, no. 2, pp. 88-93, Apr. 2014.
Section
Articles