PENGARUH VARIASI HOLDING TIME DAN MEDIA QUENCHING TERHADAP NILAI KEKERASAN BAJA DENGAN KADAR KARBON 0,192wt.%

  • Siska Titik Dwiyati Universitas Negeri Jakarta
  • Muhammad Bagus Priyo Hutomo Universitas Negeri Jakarta
  • Ferry Budhi Susetyo Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Baja Karbon Rendah, Holding Time, Quenching, Kekerasan, Foto Mikro

Abstract

Pada penelitian ini akan dilakukan upaya peningkatan kekerasan dari material baja karbon. Berdasarkan hasil uji OES didapatkan hasil komposisi karbon dalam baja tersebut sebesar 0,192 wt%. Untuk itu akan dilakukan pemanasan dalam tungku dengan suhu yang ditetapkan yaitu 1000 °C. Kemudian dilakukan beberapa variasi waktu penahanan (holding time) di dalam tungku yaitu 30, 60 dan 90 menit. Setelah ditahan kemudian material tersebut di variasikan kembali untuk dua media pendingin yaitu oli dan coolant. Setelah dilakukan quenching kemudian diukur nilai kekerasannya dengan alat uji vickers. Setelah pengujian kekerasan semua selesai kemudian dilanjutkan dengan pengamatan foto mikro dengan mikroskop optik. Dari hasil pengujian maupun pengamatan dapat diketahui semakin lama waktu holding time maka kekerasan semakin naik. Terakhir, pada pengamatan struktur mikro pada spesimen terbentuk fasa ferit dan perlit.

References

Alwarits, A., Daswarman, D., & Nasir, M. (2014). Pengaruh Media Pendingin Pada Proses Hardening Terhadap Peningkatan Kekerasan Baja Karbon Sedang. Automotive Engineering Education Journals, 2(2).

Murtiono, A. (2012). Pengaruh quenching dan tempering terhadap kekerasan dan kekuatan tarik serta struktur mikro baja karbon sedang untuk mata pisau pemanen sawit. e-Dinamis, 2(2).

Purwanto, H. (2011). Analisa Quenching Pada Baja Karbon Rendah Dengan Media Solar. Jurnal Ilmiah Momentum, 7(1).

Setiamarga, B. H., Kurniawati, N., & Rumendi, U. (2017). Pack carburizing pada sprocket sepeda motor dengan material baja karbon rendah. Mesin, 21(1), 28-33.

Subagiyo, S. (2017). Analisis Hasil Kekerasan Metode Vikers Dengan Variasi Gaya Pembebanan Pada Baja. Majapahit Techno: Jurnal Ilmiah dan Teknologi, 6(2), 09-14.

Basori, B. (2018). Pengaruh Media Quenching terhadap Kekerasan dan Struktur Mikro Paska Hardfacing. Jurnal Kajian Teknik Mesin, 3(2), 66-72.

Published
2019-04-15
How to Cite
[1]
Siska Titik Dwiyati, Muhammad Bagus Priyo Hutomo, and Ferry Budhi Susetyo, “PENGARUH VARIASI HOLDING TIME DAN MEDIA QUENCHING TERHADAP NILAI KEKERASAN BAJA DENGAN KADAR KARBON 0,192wt.%”, J. Konversi Energi dan Manufaktur, vol. 6, no. 1, pp. 37 - 43, Apr. 2019.
Section
Articles