PEMBUATAN BRIKET HASIL PEMANFAATAN ECENG GONDOK DAN SAMPAH PLASTIK HDPE SEBAGAI ENERGI ALTERNATIF

  • Siska Titik Dwiyati Universitas Negeri Jakarta
  • Ahmad Kholil Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Energi Alternatif, Briket, Eceng Gondok, Sampah Plastik, HDPE

Abstract

Harga BBM dan LPG yang semakin mahal, mendorong manusia untuk mencari alternatif energi yang tidak dapat diperbaharui tersebut. Salah satu solusinya adalah briket, karena mudah pembuatannya. Pada penelitian ini dilakukan pembuatan briket dengan bahan baku eceng gondok dan sampah plastik HDPE yang memiliki nilai kalor yang tinggi. Selain sebagai energi alternatif, briket ini nantinya diharapkan dapat menjadi solusi lingkungan dari eceng gondok yang dikenal sebagai tanaman pengganggu dan masalah sampah plastik yang sulit ter-biodegradasi di alam . Karakterisasi yang dilakukan meliputi pengujian air total (ASTM D.3302-10), pengujian kadar air lembab (ASTM D.3173-08), pengujian kadar abu briket (ASTM D.3174-04), dan pengujian nilai kalor (ASTM D. 5865-10). Hasil yang diperoleh di dapat sampel dengan komposisi 20% arang eceng gondok dan 80% sampah plastik HDPE memberikan hasil yang terbaik.

References

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka, Jakarta, (2007).

Oswan dan Marsono, Super Karbon Bahan Bakar Alternatif Penggganti Minyak Tanah dan Gas. Penebar Swadaya, Depok, (2008).

Nurjanah, Siti, dkk., Pemanfaatan Serat Eceng Gondok Sebagai Bahan Komposit Tekstil, Institut Pertanian Bogor, Bogor, (2010).

Hartomo, A.J., Memahami Polimer dan Perekat, Andi Offset, Yogyakarta, (1992)

Peraturan Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral 047 Tahun , Pedoman Pembuatan Briket Batubara Dan Bahan Bakar Padat Berbasis Batubara Untuk Industri Kecil Dan Rumah Tangga, (2006).

Published
2014-04-30
How to Cite
[1]
S. T. Dwiyati and A. Kholil, “PEMBUATAN BRIKET HASIL PEMANFAATAN ECENG GONDOK DAN SAMPAH PLASTIK HDPE SEBAGAI ENERGI ALTERNATIF”, J. Konversi Energi dan Manufaktur, vol. 1, no. 2, pp. 98-103, Apr. 2014.
Section
Articles