ANALISIS PENGERASAN PERMUKAAN DAN STRUKTUR MIKRO BAJA AISI 1045 MELALUI PROSES NITRIDASI MENGGUNAKAN MEDIA UREA

  • Umen Rumendi Politeknik Manufaktur Negeri Bandung
  • Hana Hermawan Politeknik Manufaktur Negeri Bandung
Keywords: Nitridasi, Nitrogen, Nitrida besiFe4N, Struktur mikro, AISI 1045

Abstract

Nitridasi bertujuan untuk mengeraskan permukaan baja yang bertujuan untuk meningkatkan sifat kimia dan mekanik. Nitridasi yang dilakukan adalah nitridasi padat menggunakan urea sebagai alternatif sumber Nitrogen yang akan berdifusi dengan permukaan logam dan membentuk nitrida besiFe4N. Dalam penelitian ini, pengujian dilakukan terhadap tiga sampel baja dengan standar AISI 1045. Dalam penelitian ini yang menjadi variabel adalah suhu nitridasi, yaitu 460oC, 510oC dan 560oC dengan holding time dalam tungku, selama 4 jam. Hasil sampel yang telah dinitridasi selanjutnya dilakukan pengujian yang meliputi pengujian kekerasan permukaan, distribusi kekerasan dan observasi struktur mikro. Dari hasil pengujian yang dilakukan, maka didapatkan kekerasan tertinggi dari ketiga sampel adalah sampel 1 yang dilakukan nitridasi pada suhu 460oC dengan harga kekerasan permukaan rata-rata 440,5 HVN kemudian posisi berikutnya berada pada sampel 2 yang dilakukan pada suhu 510oC dengan harga kekerasan permukaan 355,34 HVN, sedangkan sampel 3 yang dilakukan pada suhu 560oC dengan kekerasan permukaan 265,62. Dengan hasil ini pengerasan permukaan baja AISI 1045 dengan menggunakan media urea sebagai sumber nitrogen dapat meningkatkan kekerasan permukaan baja tersebut.

References

ASM Internasional, 1991, “ Metals Handbook Heat Treating”, Volume 4.

Metallography, Structures, and Phase Diagrams, Vol 8, Metals Handbook, 8th ed., American Society for Metals, 1973.

Mei Yang, “Nitriding – fundamentals, modeling and process optimization”, Material Science and Engineering, Worcester Polytechnic Institute.

Sunarto, “Pengaruh Surface Treatment Metoda Plasma Nitriding Terhadap Kekerasan dan Ketahanan Aus Pahat Bubut Bahan Baja Kecepatan Tinggi”, Jurnal Teknik Mesin Politeknik Negeri Semarang.

Carbon Steel, Diakses tahun 2013. (On Line) Available at http//en.wikipedia.org (On Line).

Chemical Composition of AISI 1045. Diakses tahun 2013. (On Line) Available at http//www.strindustries.com

Published
2014-04-30
How to Cite
[1]
U. Rumendi and H. Hermawan, “ANALISIS PENGERASAN PERMUKAAN DAN STRUKTUR MIKRO BAJA AISI 1045 MELALUI PROSES NITRIDASI MENGGUNAKAN MEDIA UREA”, J. Konversi Energi dan Manufaktur, vol. 1, no. 2, pp. 104-109, Apr. 2014.
Section
Articles