ANALISIS KARAKTERISTIK RING PISTON ORIGINAL DAN RING PISTON LOKAL PADA MOBIL DAIHATSU S-38

  • Sony Sukmara Universitas Mathla’ul Anwar Banten
Keywords: RIng Piston, Original, Lokal, S-38

Abstract

Ring piston adalah komponen yang sangat penting yang merupakan bagian dari suatu sistem motor bakar torak. Ring piston selain berguna untuk merapatkan kedudukan piston dengan dinding silinder sehingga proses kompresi dapat berlangsung dengan baik, juga untuk mencegah terjadinya kebocoran-kebocoran kompresi. Ring piston harus terbuat dari material yang sesuai dan mempunyai sifat-sifat yang memenuhi kriteria diantaranya harus mempunyai daya pegas, tahan panas, tahan aus dan tidak mudah terdeformasi. Dalam penelitian ini dibandingkan dua buah ring piston, yaitu ring piston orisinal dan ring piston lokal yang digunakan pada mobil Daihatsu S-38. Dengan diadakannya penelitian ini dapat diketahui perbedaan dari kedua ring piston tersebut. Diantaranya nilai komposisi kimia orisinal memiliki kadar karbon 3.64% sedangkan lokal memiliki kadar karbon 3.27%, nilai kekerasan original 182.44 HB sedangkan lokal 125.7 HB, adapun untuk kekuatan pegas orisinal 0.219 Kg/mm sedangkan lokal 0.218 Kg/mm, sehingga pada umumnya ring piston orisinal mempunyai nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan ring piston lokal. Dilihat dari fungsi utama ring piston sebagai penyekat agar kompresi tidak bocor, maka dibutuhkan daya regang atau kekuatan pegas yang tinggi tapi tidak getas sehingga tidak mudah patah.

References

William F. Smith, Structure and Properties of Engineering Alloys, Second Edition, University of Central, Florida.

Dona; S. Clark, Ph.D and Wilbur R Varney, M.S, Metalurgy for Engineering, Second Edition.

Lawrence H. Van Vlack, Sriatie Djaprie, Emu dan Teknologi Bahan, Edisi ke-5

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan 1979, Pengetahuan Logam 2.

Sidney H. Avner, Introduction To Physical Metallurgy, Second Edition, New York City Community College City university of New York.

Alphonse Schilling, Automobile Engine of Motor Oils and Engine Lubrication, Vol.11. 1. B.H. Amstead, Phillip F. Ostwald Myron L. Begeman, Sriatie Djaprie, Teknologi Mekanik Jilid I.

Tata Surdia, Shinroku Saito, Pengetahuan Bahan Teknik, PT. Pradnya Paramita l985.

Sriatie Djaprie, George E. Dieter, Metalurgi Mekanik, Jilid I, Erlangga 1993.

Published
2015-04-30
How to Cite
[1]
S. Sukmara, “ANALISIS KARAKTERISTIK RING PISTON ORIGINAL DAN RING PISTON LOKAL PADA MOBIL DAIHATSU S-38”, J. Konversi Energi dan Manufaktur, vol. 2, no. 1, pp. 29 - 35, Apr. 2015.
Section
Articles