PENGARUH SISTEM PENGAPIAN CAPASITIVE DISCHARGE IGNITION(CDI) DENGAN SUMBER ARUS YANG BERBEDA TERHADAP KANDUNGAN KARBON MONOKSIDA (CO) GAS BUANG SEPEDA MOTOR 110 CC

  • Imam Mahir Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Sistem Pengapian CDI, Sumber Arus AC & DC, Karbon Monoksida

Abstract

Sistem pengapian pada motor bakar merupakan prasyarat untuk terjadinya pembakaran dan juga menentukan kualitas dari proses pembakaran tersebut. Persyaratan utama dari sistem pengapian adalah mampu menyuplai energi panas yang dibutuhkan dalam bentuk percikan bunga api listrik busi pada volume yang kecil dan waktu yang cukup untuk terjadinya pembakaran. Berbagai jenis sistem pengapian dikembangkan untuk berbagai keperluan dan hasil yang berbeda sesuai dengan kebutuhan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimental. Objek penelitian ini adalah mengukur kadar kandungan karbon monoksida (CO) gas buang yang dihasilkan oleh sepeda motor 4 langkah 110ccdengan sistem pengapian CDI dengan sumber arus AC (CDI-AC) dan sumber arus DC (CDI-DC) yang diuji dalam berbagai putaran mesin (RPM) yang berbeda. Dari hasil penelitian didapatkan nilai rata-rata kandungan CO gas buang yang dihasilkan pada sistem pengapian CDI-AC adalah sebesar 6,91%, sedangkan rata-rata pada sistem pengapian CDI-DC adalah 7,07%. Berdasarkan temuan ini persentase rata- rata kandungan CO pada gas buang sistem pengapian CDI-DC lebih tinggi dibandingkan persentase rata-rata CDI-AC, namun fluktuasi kadar CO pada sistem CDI-DC lebih kecil dibandingkan CDI-AC pada berbagai RPM yang berbeda. Hal ini sesuai dengan karakteristik sistem pengapian CDI-DC yang menghasilkan tegangan lebih stabil sehingga gas CO yang dihasilkan dari pembakaran juga lebih stabil dibandingkan sistem pengapian CDI AC.

References

Heywood, Jhon B. Internal Combustion Engine Fundamentals. New York: McGraw- Hill, Inc. (1988).

Martyr, A.J. & Plint, M.A. Engine Testing: Theory and Practice. Third Edition. Oxford: Butterworth - Heinemann. (2007).

Mathur, M.L. & Sharma, R.P. A Course in Internal Combustion Engines. Delhi: Dhanpat Rai & Sons. (1980).

Pulkrabek, Williard. W. Engineering Fundamentals of The Internal Combusion Engine. New Jersey: Prentice Hall. (1997).

Stone, Richard & Ball, Jeffrey K. Automotive Engineering Fundamentals. USA: SAE. (2004).

Published
2013-10-24
How to Cite
[1]
I. Mahir, “PENGARUH SISTEM PENGAPIAN CAPASITIVE DISCHARGE IGNITION(CDI) DENGAN SUMBER ARUS YANG BERBEDA TERHADAP KANDUNGAN KARBON MONOKSIDA (CO) GAS BUANG SEPEDA MOTOR 110 CC”, J. Konversi Energi dan Manufaktur, vol. 1, no. 1, pp. 40 - 46, Oct. 2013.
Section
Articles