KAJIAN DESAIN SISTEM KEMUDI MOBIL LISTRIK 4 RODA 4 PENUMPANG UNTUK LINGKUNGAN KAMPUS

  • Sony Sukmara Universitas Mathla’ul Anwar Banten
Keywords: Sistem, Kemudi, Nyaman

Abstract

Sarana dan prasarana yang baik sangat erat kaitannya dengan hasil sebuah pekerjaan, hal ini lah yang mendorong untuk menciptakan sebuah alat transportasi mudah dioperasikan, mudah dirawat, tidak berisik dan tidak menimbulkan emisi yang dapat menunjang kegiatan dan mobilitas civitas akademika yang tinggi, sehingga akan menghasilkan hasil yang maksimal. Sebagai wujud kepedulian terhadap masalah polusi di negara Indonesia, maka penulis bermaksud untuk mengkaji sebuah konsep kendaraan listrik roda empat dengan kapasitas berpenumpang empat orang yang sekaligus menjadi tonggak perubahan menuju Indonesia hijau lewat kendaraan ramah lingkungan. Metodologi yang digunakan penulis adalah dengan metoda kajian perhitungan desain system kemudi pada kendaraan listrik roda empat yang nyaman dan aman. Perhitungan diawali dengan mengkaji sudut belok kendaraan, kemudian mengkaji steering geometri dan beban yang diterima kemudi. Dari hasil kajian ini dapat disimpulkan bahwa kendaraan listrik roda empat yang di desain ini menggunakan Rack And Pinion dengan sudut roda bagian luar dan bagian dalam masing–masing adalah

References

“Advantages Of Active Steering For Vehicle Dynamics Control” Professor J Ackermann, Dr T B• Unte, And D Odenthal, German Aerospace Center.

A Thomas D, Gillispie, Fundamentals of Vehicle Dynamic, Society of Otomotif Engineers Inc, Warrendale, 1994.

Astra International Training Center, Basic Mechanic Training 3, Astra Internasional.

A Sularso. MSME. Ir, Kiyokatsu Suga. 1997. Dasar Perencanaan dan Pemilihan Elemen Mesin. PT. Pradnya Paramita: Jakarta.

Desmond King-Hele Erasmus Darwin's Improved Design for Steering Carriages by , 2002, The Royal Society, London. Accessed April 2008.

Unece, 1959 melalui http://www.unece.org/trans/main/welcw p29.htm

ISO 2631-1:1985 Evaluation of human Exposure to Whole-body vibration Part 1 : General Requirement. Direvisi dengan Iso 2631-1-1974.

Khurmi,R.S.,Gupta,J.K.,A Text Book of Machine Design, Eurasia Publishnig House ( Pvt ) Ltd, RamNagar, New Delhi, 1982.

Steering and Suspension Sistems Study Guide ©2004 Melior, Inc.)

Teknologi Otomotif, Prof Ir I Nyoman Sutantra, M.Sc, Ph.D.

Toyota Astra Motor, 1994, Training Manual Steering Sistem Step 2, Jakarta, PT.Toyota Astra Motor

Published
2015-10-30
How to Cite
[1]
S. Sukmara, “KAJIAN DESAIN SISTEM KEMUDI MOBIL LISTRIK 4 RODA 4 PENUMPANG UNTUK LINGKUNGAN KAMPUS”, J. Konversi Energi dan Manufaktur, vol. 2, no. 2, pp. 88 - 92, Oct. 2015.
Section
Articles