PERBANDINGAN LIMA CDI (CAPASITOR DISCHARGE IGNITION) YANG BERBEDA TERHADAP DAYA MESIN PADA SEPEDA MOTOR YAMAHA MIO

  • Nugroho Gama Yoga Universitas Negeri Jakarta
  • Priyono Universitas Negeri Jakarta
  • Fahri Aziz Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Sistem Pengapian, Sepeda Motor, CDI (Capasitor Discharge Ignition), Daya Mesin

Abstract

Telah dilaksanakan pengujian untuk mengetahui perbedaan daya mesin dari lima buah CDI menggunakan satu sepeda motor Yamaha Mio. Sehingga peneliti dapat memberikan masukan CDI mana yang dapat menghasilkan daya tertinggi untuk mesin sepeda motor Yamaha Mio. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah menggunakan metode eksperimen. Lima macam CDI diuji menggunakan satu sepeda motor yang diuji pada dinamometer sasis. Dalam pengujian ini peneliti mengambil data daya mesin secara maksimal dengan cara menarik pedal gas sampai maksimal dan komputer merekam semua daya mesin dari awal hingga akhir, dimana daya mesin terus meningkat sampai daya mesin tertinggi dan kembali turun sampai daya terendah. Dari pengujian tersebut didapat daya mesin pada putaran mesin 5750 rpm hingga 9000 rpm dengan penambahan 250 rpm. Hasil yang diperoleh daya mesin tertinggi yaitu pada CDI D sebesar 6.89 HP pada 8250 rpm, CDI C sebesar 6.8 HP pada 7250 rpm, CDI B sebesar 6.733 HP pada 8000 rpm, CDI A sebesar 6.45 HP pada 8250 rpm, dan CDI E sebesar 6.313 HP pada 8250 rpm.

References

Arismunandar, Wiranto. Motor Bakar Torak. Bandung : Penerbit ITB. 1980.

Crouse, Wiliiam H and Donald Anglin. Autotomotive Engines Eighth Edition. New York : McGraw-Hill International Editions. 1994.

Daryanto. Prinsip Dasar Kelistrikan Otomotif Bekal Keterampilan Bagi Pemula. Bandung : Alfabeta. 2011.

Heywood, John B. Internal Combustion Engine Fundamentals. New York : McGraw-Hill Book Company. 1988.

Jama, Jalius dan Wagino. Teknik Sepeda Motor Jilid 2. Jakarta : Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Departemen Pendidikan Nasional. 2008.

Published
2014-10-30
How to Cite
[1]
N. G. Yoga, Priyono, and F. Aziz, “PERBANDINGAN LIMA CDI (CAPASITOR DISCHARGE IGNITION) YANG BERBEDA TERHADAP DAYA MESIN PADA SEPEDA MOTOR YAMAHA MIO”, J. Konversi Energi dan Manufaktur, vol. 1, no. 3, pp. 133 - 135, Oct. 2014.
Section
Articles