KARAKTERISTIK PENYEBARAN API KETIKA TERJADI KEBAKARAN BERBASIS METODE FDS (FIRE DYNAMICS SIMULATOR) PADA PARKIRAN SEPEDA MOTOR KAMPUS A UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

  • Pratomo Setyadi Universitas Negeri Jakarta
  • Yola Furqaan Nanda Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Fire Dynamics Simulator, Api, Temperatur, Heat Release Rate(HRR), Burning Rate

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena melihat kondisi bangunan parkiran depan Kampus A Universitas Negeri Jakarta yang pembangunan tersendat tetapi sudah dipergunakan untuk khalayak di khawatirkan dapat membahayakan penghuni, dan karyawan yang bekerja di gedung parkiran tersebut apabila terjadi kebakaran. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kriteria bahaya kebakaran pada parkiran sepeda motor kampus A UNJ. Dalam penelitian ini digunakan Software Fire Dynamics Simulator Version 5.0 untuk membuat suatu pemodelan kebakaran berdasarkan titik awal nyala api dan arah angin. Pada penelitian ini akan membahas tentang perkembangan api dimana perkembangan api tersebut akan direpresentasikan oleh HRR (Heat Release Rate), burning rate, dan visualisasi dari masing-masing simulasi. Langkah ini sangat menguntungkan karena dapat mengetahui bagaimana penyebaran api saat terjadi kebakaran dan seberapa bahaya kebakaran yang disimulasikan. Dengan adanya fire modelling ini dapat menjadi pendekatan engineering praktis untuk memberikan peninjauan tambahan terhadap aspek keselamatan kebakaran pada gedung parkiran kampus A Universitas Negeri Jakarta. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa cepatnya penyebaran api dipengaruhi titik awalnya api, kecepatan dan arah angin. Dimana semakin besar nilai HRR maka semakin besar pula nilai burning rate yang didapatkan dan semakin besar pula tingkat kebakaran yang terjadi.

 

References

Danang, E.P. (2016). Evaluasi Penerapan Keamanan dan Keselamatan Gedung Berbasis Metode CFSES (Computerized Fire Safety Evaluation System) pada Gedung Pusat Studi dan Sertifikasi Guru UNJ [Skripsi]. Jakarta: Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta,

Depdikbud. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 1996.

Ramli, S., (2010). Manajemen kebakaran. Jakarta, Indonesia: Dian Rakyat.

McGrattan, Kevin, et al. ( 2007) Fire Dynamics Simulator (Version 5.0) User Guide. National Institute of Standars and Tecnhnologi. USA.

McGrattan, Kevin, et al. (2007) Fire Dynamics Simulator (Version 5.0) Technical Reference Guide.. National Institute of Standars and Tecnhnologi. USA.

Kusyanto M., (2005): Studi Ruang Parkir Universitas Sultan Fatah (Unisfat) Demak. [jurnal]. Demak: Fakultas Teknik, Universitas Sultasn Fatah.

Published
2017-10-27
How to Cite
[1]
P. Setyadi and Y. F. Nanda, “KARAKTERISTIK PENYEBARAN API KETIKA TERJADI KEBAKARAN BERBASIS METODE FDS (FIRE DYNAMICS SIMULATOR) PADA PARKIRAN SEPEDA MOTOR KAMPUS A UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA”, J. Konversi Energi dan Manufaktur, vol. 4, no. 2, pp. 89 - 98, Oct. 2017.
Section
Articles