ANALISIS GEOMETRI PELURU TERHADAP NILAI DRAG COEFFICIENT PADA KECEPATAN 304,8 m/s

  • I Wayan Sugita Universitas Negeri Jakarta
  • Muhamad Al Afif Dzaky Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Computational Fluid Dynamic, Drag Coefficient, Peluru Senapan Angin

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai drag coefficient dari peluru senapan angin dengan menggunakan software Ansys Fluent 15.0 dan untuk mengetahui pengaruh distribusi tekanan, kecepatan, dan pathline velocity terhadap nilai drag coefficient. Penelitian dilakukan dengan menggunakan peluru senapan angin dengan bentuk kepala field point, flat nosed dan round head dengan variasi bentuk badan skirt dan lurus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di setiap bentuk kepala peluru dan variasi badannya mengalami kecepatan dan tekanan yang berbeda dan menghasilkan gaya yang berbeda, drag coefficient yang terbesar dialami oleh bentuk kepala peluru flat nosed dan yang terendah dialami oleh bentuk kepala peluru round head dapat diketahui bawah, dengan bentuk kepala yang lebih luas menghasilkan tekanan udara yang besar pada ujung kepala peluru, perbedaan tekanan pada bagian depan dan belakang peluru yang besar menghasilkan nilai drag coefficient yang besar. Hasil dari simulasi mendapatkan nilai drag coefficient pada peluru filed point skirt sebesar 0,5219, field point lurus sebesar 0,5045, flat nosed skirt sebesar 0,5943, flat nosed lurus sebesar 0,5773, round head skirt sebesar 0,4313, round head lurus sebesar 0,4232, dengan kecepatan angin sebesar 304,8 m/s.

 

References

Agarwal, P.K. 2011. IIT Physics. India: Krishna Prakashan Media.

Apoorv, Shelke dkk, The Bullet.

Budiarto, Hairil. Progresi Geometri Untuk Perbaikan Kinerja Traksi Pada Mesin Kendaraan. 2013. Madura: Fakultas Teknik Universitas Trumojoyo Madura

Cengel, Y. 2006. Fluid Mechanics. New York: Mc Graw Hill

Clancy, L. J. 1975. Aerodynamics. London: Pitman Publishing Limited

Gerhart, Philip M dkk. 1985. Fundamentals of Fluid Mechanics. USA: Addison Wesley Publishing Company

Hyne, Norman J. 2012. Petroleum Geogoly, Exploration, Drilling & Production. Okhlahoma, PennWell

Johnson, Richard W., 2000. Fluid Dynamics. USA: CRC Press LLC

Kundu, Pijush K. 2002. Fluid Mecanics. USA: Academic Press

McCormick, Barnes W. 1979. Aerodynamics, Aeronautics, and Flight Mechanics. New York: John Wiley & Sons

McCoy, Robert L. 1988. The Aerodinamic Characteristics of 7.62MM Match Bullets. USA: Ballistic Research Laboratory

McGinnis, Peter M. 2013. Biomechanics of Sport and Exercise. New York: Human Kinetics

Satrijo, Djoeli. 1999. Dinamika Kendaraan Modul I. Semarang. Fakultas Teknik Universitas Diponegoro

Stewart, James. 2012. Multivariable Calculus. USA: Brooks

Tantowi, Alva Edy. 1989. Laporan Penelitian. Menentukan Matra Spoiler pada Kendaraan Minibus untuk Mempertinggi Traksi. Yogyakarta Universitas Gadjah Mada

Wulandari, Betty. 2010. Pengaruh Koefisien Hambatan Udara Pada Bentuk Lokomotif Terhadap Gaya Aerodinamis Kereta Api Argo Lawu. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret

Middleton, Richard. 2005. The Practical Guide to Man-Powered Bullets: Catapults, Crossbows, Blowguns, Bullet-Bows and Airguns. USA: Stackpole Books

BASC. 2016. Air Riffle Safety in England and Wales: A Code of Practice. Marford Mill, Rossett

Published
2017-10-27
How to Cite
[1]
I. W. Sugita and M. A. A. Dzaky, “ANALISIS GEOMETRI PELURU TERHADAP NILAI DRAG COEFFICIENT PADA KECEPATAN 304,8 m/s”, J. Konversi Energi dan Manufaktur, vol. 4, no. 2, pp. 99 - 107, Oct. 2017.
Section
Articles