HUBUNGAN DAYA TURBIN ANGIN BERBENTUK PROPELLER 5 BLADE TERHADAP BEBAN TOWER PENYANGGANYA

  • Wardoyo Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Wind Turbine, Lift, Drag, Propeller, 5 Blade

Abstract

Penggunaan energi alternatif yang ramah lingkungan (Green Energy) merupakan topik utama yang mulai banyak dibahas dewasa ini. Fenomena ini disebabkan oleh semakin sedikitnya sumber energi fosil yang menuntut manusia mencari sumber-sumber energi baru dan terbarukan untuk menggantikan energi konvensional tersebut. Salah satu sumber energi yang berkembang saat ini ialah energi angin, yang mulai dimanfaatkan untuk menghasilkan listrik ataupun mengonversinya ke energi mekanik untuk keperluan lain. Salah satu alat yang digunakan untuk memanfaatkan energi angin adalah turbin angin. Indonesia, negara kepulauan yang 2/3 wilayahnya adalah lautan dan mempunyai garis pantai terpanjang di dunia merupakan wilayah potensial untuk pengembangan pembangkit listrik tenaga angin. Semakin besar daya yang dihasilkan turbin maka akan dibutuhkan tower turbin yang mampu menerima beban yang besar. Jumlah beban pada tower turbin ini dibutuhkan sebagai referensi untuk mendesain konstruksi tower turbin angin. Penelitian ini bertujuan mencari hubungan antara daya yang dihasilkan turbin angin dengan beban momen lengkung yang diterima tower turbin. Daya turbin diperoleh dari gaya lift pada propeller yang dilewati angin, sementara beban yang diterima tower turbin diperoleh dari gaya drag pada propeller yang dilalui angin. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan variasi kecepatan udara 5 – 8 meter/detik, momen lengkung yang diterima oleh tiang penyangga turbin angin hanya sebesar 30,13% dari momen puntir yang dihasilkan turbin. Pada kecepatan udara 5 m/s, torsi pada poros 70,899 Nm, momen lengkung tiang penyangga 21,358 Nm, sementara pada kecepatan udara 8 m/s torsi pada poros 181,501 Nm, momen lengkung tiang penyangga 54,678 Nm.

References

Abbott, Ira H. & Albert E Von Doenhoff. Theory of Wing Section. New York: Dover Publication Inc., 1958.

BPPT, Outlook Energi Indonesia 2012. Jakarta: BPPT Press, 2012.

DJLPE. 2005. Blueprint Pengeloaan Energi Nasional 2005-2010. Jakarta : Direktorat Energi dan SDM, 2005.

Flavin, C. dan Lensson N. Gelombang Revolusi Energi. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 1995.

Hansen, Martin O. L. Aerodyanamic of Wind Turbine – Second Edition. United Kingdom dan USA: Earthscan, 2008.

Djojodiharjo, Harijono. Aspek Tekno – Ekonomi dari Pemanfaatan Energi Angin di Indonesia. Jakarta: LAPAN, 1980.

Harika, Adam. 2008. Rancang Bangun Blade Pitch Angle Control System Berbasis Classicfuzzy pada Prototipe Wind Turbine. Surabaya : Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 2008.

Jansen, W. A. M. dan P. T. Smulders. Rotor Design for Horizontal Axix Windmills. Netherlands: Development Corporation Information Department, 1977.

Nelson, Vaught. Wind Energy: Renewable Energy and the Enviorment. Taylor & Francis Group, LCC, 2009.

Piggot, Hugh. Wind Power Workshop. United Kingdom: Centre for Alternative Technology Publication, 2001.

Tambunan, Robert Maraluli Tua. Perancangan dan Penbutan Turbin Angin Sumbu Horizontal Dua Sudu Berdiameter 3.5 m dengan Modifikasi Pemotongan dan Pengaturan Sudut Pitch. Bandung: Perpustakaan Digital ITB, 2008.

Thumthae, C dan Chitsomboon, T. Optimal Angle Of Attack For Untwisted Blade Wind Turbine. USA: The National Renewable Laboratory, 2009.

W. Culp, Archie. Prinsip-prinsip Konversi Energi, Jakarta: Erlangga, 1996.

WWEA, World Wind Energy Report 2010, Bonn: World Wind Energy Association, 2010.

Published
2016-04-27
How to Cite
[1]
Wardoyo, “HUBUNGAN DAYA TURBIN ANGIN BERBENTUK PROPELLER 5 BLADE TERHADAP BEBAN TOWER PENYANGGANYA”, J. Konversi Energi dan Manufaktur, vol. 3, no. 1, pp. 1 - 6, Apr. 2016.
Section
Articles