EVALUASI KARAKTERISTIK UNJUK KERJA DAN EMISI AKIBAT PENINGKATAN VOLUME SILINDER PADA MESIN EMPAT LANGKAH DENGAN BORE UP DAN STROKE UP

  • Priyambodo N. A. Nugroho Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
  • Efraim P. Setyayudha Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
Keywords: Bore Up, Motor Bensin, Stroke Up, Unjuk Kerja

Abstract

Motor bensin empat langkah berkapasitas 135 cc dapat bersaing dalam ajang kompetisi balap seperti Indoprix 150 cc dengan meningkatkan kapasitas volume silinder. Cara untuk meningkatkan kapasitas volume silinder diantaranya bore up yaitu memasang piston dan silinder yang berdiameter lebih besar, serta stroke up atau mengubah posisi Titik Mati Atas dan Titik Mati Bawah sehingga langkah piston lebih panjang. Setelah dilakukan modifikasi, terjadi perbaikan unjuk kerja yaitu torsi, tenaga, kompresi serta emisi gas buang bila dibandingkan dengan standar. Hasil pengujian menunjukkan bahwa peningkatan tenaga dan torsi terbesar terjadi pada modifikasi stroke up yaitu dari tenaga dari 11,6 HP menjadi 13,9 HP dan torsi 12 Nm meningkat menjadi 14,58 Nm. Pada modifikasi bore up terjadi pembakaran tidak sempurna yang terindikasi dari gumpalan kerak karbon pada kepala piston dan ujung busi meskipun terjadi peningkatan tenaga menjadi 12,6 HP dan peningkatan torsi menjadi 12,89 Nm. Emisi gas buang CO hanya terdeteksi pada modifikasi bore up, sementara pada kondisi standar dan modifikasi stroke up tidak terdeteksi adanya polutan CO.

References

Arismunandar, Wiranto. (1988). Penggerak Mula Motor Bakar Torak . Bandung: Institut Teknologi Bandung.

Badan Pusat Statistik, Perkembangan Jumlah Kendaraan Bermotor Menurut Jenis 1949-2014, (2016). Tautan Sumber: http://www.bps.go.id/linkTableDinamis/view/id/1133,

Bell, A. Graham. (2006). Four-Stroke Performance Tuning.Third Edition. California “ Haynes Publishing

Harmanto, Wahyu. (2012). Pengaruh Variasi Stroke Up dan Sudut Pengapian Terhadap Unjuk Kerja Motor Bensin 4 Langkah. Universitas Jember.

Heywood, John B. (1988). Internal Combustion Engine Fundamentals . New York: McGraw-Hill,Inc. Maleev, V. L.. Internal Combustion Engine Second Edition

Ikatan Motor Indonesia. (2014). Peraturan Olahraga Kendaraan Bermotor. Retrieved August 1, 2015, from Peraturan Nasional Olahraga Kendaraan Bermotor: http://www.imi.co.id/pdf/peraturan2014/Mobil/PERATURAN%20TIME%20RALLY%202014.pdf

Robert, Bosch Gmbh. (2001). Gasoline Engine Management Basics and Component. Jerman: Stuttgart

Romadhon, Nurman. (2012). Pengaruh Variasi Volume Silinder Bore Up dan Sudut Pengapian terhadap Unjuk Kerja Motor Bensin 4 Langkah. Universitas Jember.

Satwika, Gahan. (2012). Pengaruh Variasi Volume Silinder Stroke Up dan Variasi Perbandingan Kompresi terhadap Unjuk Kerja Motor Bensin 4 Langkah. Universitas Jember

Published
2016-04-27
How to Cite
[1]
P. N. A. Nugroho and E. P. Setyayudha, “EVALUASI KARAKTERISTIK UNJUK KERJA DAN EMISI AKIBAT PENINGKATAN VOLUME SILINDER PADA MESIN EMPAT LANGKAH DENGAN BORE UP DAN STROKE UP”, J. Konversi Energi dan Manufaktur, vol. 3, no. 1, pp. 7 - 12, Apr. 2016.
Section
Articles