GAYA TEKAN PAD REM TERHADAP DISK ROTOR PADA KENDARAAN MINI BUGGY

  • Dadang Hafidz STKIP Sebelas April Sumedang
Keywords: Rem, Disk Brake, Master Silinder, Pembebanan Pedal

Abstract

Sistem sangat penting karena memiliki fungsi sebagai alat keselamatan dan menjamin untuk pengendara yang aman. Kendaraan tidak dapat berhenti apabila pengereman hanya dilakukan dengan pengereman mesin, kelemahan ini harus dikurangi agar dapat menurunkan kecepatan gerak kendaraan hingga berhenti. Kerja rem disebabkan adanya gaya gesek pad rem melawan sistem gerak putar piringan (disc). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui besaran gaya yang terjadi pada rem cakram untuk kendaraan mini buggy dengan analisis perhitungan dari komponen rem dengan pembebanan pedal 1kgf, 2kgf, 3kgf, 4kgf, 5kgf, 6kgf, 7kgf, 8kgf, 9kgf dan 10kgf. Besar diameter master silinder 19,20 mm, Yang berfungsi untuk mengubah gerak pedal rem ke dalam tekanan hidrolik, Diameter silinder cakram 32,95 mm dan perbandingan tuas pedal 3,01. menunjukkan semakin besar pembebanan pedal rem maka gaya yang menekan master rem (Fk), gaya tekanan minyak rem (Pe), gaya yang menekan pad rem (Fp), dan gaya gesek pengereman (Fμ) akan semakin besar, sedangkan semakin besar gaya yang menekan pedal rem maka jarak waktu pengereman akan semakin kecil.

References

Giancoli. (2001). Fisika Edisi Kelima Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Jalius, Jama dkk. (2008). Teknik Sepeda Motor Jilid 3 Buku Sekolah Elektronik SMK. Jakarta: Deparemen Pendidikan Nasional.

Suga, Kiyokatsu dan Sularso. (2013). Dasar Perencanaan dan Pemilihan Elemen Mesin. Jakarta: PT PRADNYA PARAMITA.

Tim Penyusun STKIP Sebelas April Sumedang. (2011). Panduan Penulisan Karya Ilmiah. STKIP Sebelas April Sumedang

Triono, Wahyu dan Djoko Sumaryanto. Modul Memperbaiki Sistem Rem untuk SMK dan MAK. Jakarta. Erlangga.

Toyota Astra Motor. (1995). New Step I Training Manual. Jakarta: PT TAM Training Center.

Published
2016-04-27
How to Cite
[1]
D. Hafidz, “GAYA TEKAN PAD REM TERHADAP DISK ROTOR PADA KENDARAAN MINI BUGGY”, J. Konversi Energi dan Manufaktur, vol. 3, no. 1, pp. 29 - 34, Apr. 2016.
Section
Articles